Rutan Pemalang Melebihi Kapasitas, Apa Sebabnya?

Rabu 21-08-2024,10:15 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Rumah Tahanan (Rutan) Pemalang yang berada di tengah-tengah kota, tepatnya di sekitar alun-alun kondisinya memprihatinkan, lantaran melebihi kapasitas. Bangunan yang seharusnya dengan kapasitas 120 orang, ternyata telah diisi hingga 289 orang. 

Kepala Rutan Pemalang Sumaryo mengatakan, rutan ini berkapasitas 120 orang, namun kondisi saat ini sudah melebihi kapasitas yaitu ada sebanyak 289 orang. Artinya, rumah tahan ini sudah melebihi kapasitas yang ada. Meskipun demikian, pihaknya akan terus memaksimalkan dalam memberikan pelayanan kepada warga binaannya.

BACA JUGA:Pelatihan Linting Sigaret Kretek Tangan Gelombang II

"Meskipun telah melebihi kapasitas, kami tetap akan  memberikan pembinaan yang baik kepada warga binaan. Baik pagi, siang maupun sore hingga masuk kamar, tetap kami harus melakukan pembinaan,"katanya.

Pembinaan yang diberikan, baik itu pembinaan kepribadian maupun kemandirian. Harapannya, agar warga binaan itu dapat mengisi waktunya saat menjalani hukum dengan hal-hal yang positif.

BACA JUGA:Dinas Porapar Kabupaten Tegal Rakor Susun DED Desa Wisata Pesarean

Rutan Pemalang, jika dilihat bangunannya masih dalam kondisi baik dan masih tetap berada di tengah kota. Bahkan, masih dalam kondisi normal, aman dan nyaman. Karena sampai sekarang belum ada rencana atau kepindahan bangunan rumah tahanan ini.  Meskipun dalam kondisi over kapasitas dan mungkin sulit untuk pengembangan. Namun dengan sarana prasarana  yang ada masih bisa dimaksimalkan.

"Jadi bagaimanapun caranya kita untuk bisa memaksimalkan sarana prasarana yang ada. Guna memaksimalkan pembinaan kepada narapidana,"tegasnya.

Kategori :