8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat

Rabu 21-08-2024,07:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Kalian dapat memanfaatkan waktu di malam hari atau akhir pekan untuk mengambil pekerjaan sampingan. Saat ini juga sudah banyak peluang usaha tanpa modal maupun pekerjaan lepas yang dapat kalian manfaatkan agar pemasukan bertambah.

4. Hindari Refinancing

Refinancing merupakan cara melunasi pinjaman dengan berutang di tempat lainnya. Ini merupakan hal yang akan terus membuatmu terlilit utang. Sebab, refinancing hanya menciptakan masalah baru lainnya.

Jika kondisimu sudah terlalu darurat dan melakukan refinancing, maka cara yang dapat dilakukan yaitu mencari utang lain tanpa atau dengan bunga lebih rendah. Namun, perlu diingat bahwa refinancing akan berpotensi membuat masalah semakin besar.

BACA JUGA:10 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat

5. Jalani Hidup Hemat

Hidup hemat bisa menjadi cara tepat, sebab dengan berhemat kalian bisa mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan, tentu tidak semua hal bisa dikurangi. Karena itu, harus dibuat strategi yang sesuai dengan kondisi kalian.

Kalian bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk hal yang tidak perlu, seperti nongkrong, liburan, dan sebagainya. Saat belanja, kalian dapat memanfaatkan diskon atau promo. Hal yang perlu diingat, pastikan semua alokasi dana hasil berhemat dimasukkan untuk pembayaran pinjaman online.

6. Minta Permohonan Pembayaran dengan Bunga Rendah

Kalian bisa mencoba bayar utang pinjol dengan bunga rendah melalui dua opsi, yaitu mendiskusikan dengan pihak piutang atau menggunakan sistem otomatis kartu kredit. 

Jika cara tersebut layak dicoba dan sesuai kemampuan, kalian bisa mempertimbangkan opsi ini. Apabila kalian lebih memilih menyelesaikan sendiri dengan kartu kredit pribadi, maka bisa memanfaatkan sistem pembayaran bulanan otomatis pada tagihan kartu kredit.

Strategi ini dapat dijadikan opsi melunasi utang pinjol lebih awal agar tidak mendapat beban tambahan dari bunga atau denda keterlambatan.

BACA JUGA:7 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol dalam 2 Hari Saja

7. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran

Buatlah perencanaan pendapatan dan pengeluaran, kemudian tetapkan strategi yang tepat untuk melunasi utangmu. Kalian juga bisa mencoba tools ataupun kalkulator keuangan pribadi online dalam membuat perencanaan. Upayakan juga untuk menambah pemasukan dan meminimalisir pengeluaran untuk hal-hal yang tidak darurat.

8. Jual Aset Bila Perlu

Kategori :