Kenapa Pengajuan Pinjol Sering Ditolak? Berikut Penjelasannya

Selasa 20-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Kenapa pengajuan pinjol sering ditolak? berikut penjelasannya. Banyak orang yang mengalami penolakan saat mengajukan pinjaman online (pinjol). Jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya, pinjol sering menjadi pilihan utama karena syarat dan proses pengajuannya yang lebih mudah dan cepat.

Kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya dalam melakukan pengajuan pinjaman online mempunyai banyak manfaat terlebih disaat kita mempunyai kebutuhan mendesak yang darurat. Namun terkadang, kenapa pengajuan pinjol sering ditolak? berikut penjelasannya.

Kenapa pengajuan pinjol sering ditolak? berikut penjelasannya. Dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya, pinjaman online menawarkan syarat dan proses pengajuan yang lebih sederhana dan efisien. Namun, bagi sebagian orang, pengajuan pinjaman online sering kali terhalang oleh berbagai masalah yang mengakibatkan ketidakdisetujuan. 

BACA JUGA:5 Tips Pengajuan Pinjol agar Cepat Cair

Namun, Kenapa pengajuan pinjol sering ditolak? disebabkan oleh ketidakcukupan calon nasabah dalam memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengajuan pinjol sering ditolak, yang dirangkum dari Okezone:

1. Nomor Telepon Tidak Aktif

Untuk memastikan keaslian identitas, pihak Fintech akan menghubungi nomor kontak yang terdaftar milik calon nasabah. Langkah ini diambil untuk menghindari risiko penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan identitas orang lain.

2. Identitas Tidak Sesuai dengan KTP

Agar data yang digunakan valid, jika terdapat ketidaksesuaian antara identitas yang diajukan dan KTP, maka proses pengajuan pinjaman tidak akan dilanjutkan.

3. Besaran Cicilan Terlalu Tinggi

Pihak Fintech akan mengevaluasi kondisi keuangan calon debitur. Jika calon debitur memiliki cicilan yang melebihi kemampuan pendapatan, lembaga kredit akan mempertimbangkan untuk menolak pengajuan pinjaman tersebut.

BACA JUGA:7 Pinjol Tenor Panjang hingga 24 Bulan, Limit Tinggi dan Terdaftar OJK

4. Pendapatan Tidak Memenuhi Kriteria

Kriteria berikutnya adalah memastikan bahwa calon nasabah memiliki pendapatan minimum yang diperlukan. Hal ini penting agar calon nasabah mampu mengembalikan pinjaman yang diberikan. Pastikan pendapatan calon nasabah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Kategori :