Berapa Lama DC Pinjol Meneror Kontak? Begini Cara Mengatasinya

Jumat 16-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Berapa lama DC pinjol meneror kontak? Pihak pinjol ilegal bisa mengakses nomor telepon yang tersimpan di kontak ponsel nasabahnya. Saat nasabah galbay DC akan meneror beberapa kontak di dalamnya. 

Jika debt collector (DC) mulai meneror secara terus menerus biasanya dikarena nasabah galbay atau macet bayar di pinjol ilegal sehingga pihak DC akan terus mengganggu. Aksi teror kontak nasabah tidak mengenal waktu dan tempat dimana pun. Sehingga perlu ketahui sebenarnya berapa lama DC pinjol meneror kontak nasabah. 

Debt Collector pinjol ilegal kerap menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Hal itu karena cara menagihnya tidak sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti meneror, mengancam, dikejar bahkan didatangi kerumahnya. Namun, barapa lama DC pinjol meneror kontak? 

Nah, dibawah ini telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai barapa lama DC pinjol meneror kontak nasabah? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Begini 4 Cara DC Lapangan Pinjol Meneror Nasabah Galbay, Pemula Wajib Tahu

Berapa Lama DC Pinjol Meneror Kontak?

Lalu, berapa lama DC pinjol meneror kontak? Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022, sebagai dasar hukum pinjol tidak mengatur secara eksplisit mengenai tenggat waktu tagih penyelenggara pinjol ataupun ketentuan bahwa pinjol hanya boleh menagih dalam waktu 90 hari dan selebihnya hangus.

Salah satu risiko galbay yaitu diteror oleh DC melalui panggilan telepon, SMS, pesan WhatsApp atau bahkan didatangi ke rumah. Keadaan ini tentu membuat peminjam tidak nyaman, apalagi isi pesan tersebut berupa makian dan kata-kata yang kurang pantas.

Namun kebanyakan DC akan meneror kontak saat nasabah belum membayar tagihannya di hari jatuh tempo cicilan. Jika tidak kunjung dilunasi, teror akan terus berlangsung baik dalam beberapa hari atau bahkan sampai berbulan-bulan. 

Mereka hanya akan berhenti meneror jika nasabah sudah benar-benar membayar utangnya, baik utang pokok, bunga, dan denda keterlambatan.

Karena itu, mengenai berapa lama DC pinjol meneror kontak jawabannya tidak selalu sama. Hal ini ini tergantung kapan nasabah yang bersangkutan membayar utangnya. Semakin cepat ia membayar tagihan pinjol tersebut, DC juga akan berhenti meneror. Pun begitu sebaliknya.

BACA JUGA:Berapa Lama DC Pinjol Meneror Kontak Nasabah? Simak Penjelasannya

Cara Mengatasi agar Tidak Diteror Pinjol

Jika kalian telanjur terjerat dalam aktivitas pinjol ilegal yang suka menyebar data, berikut ada tips agar tidak terus-terusan diteror pinjol karena penyalahgunaan data, sebagai berikut: 

1. Ganti Nomor SIM Card

Kategori :