8 Cara Menghadapi Teror DC Pinjol

Jumat 09-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Cara menghadapi teror DC pinjol agar mendapatkan efek jera sesuai aturan huku. Apabila kalian menggunakan layanan pinjaman online, kerap kali muncul keresahan sebab debt collector (DC) yang menagih utang. 

Cara menghadapi teror DC pinjol bisa kalian lakukan dengan mudah. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan pinjaman online yaitu DC lapangan. Karena itu hindarilah galbay atau macet bayar. 

DC / debt collector mulai meneror nasabah bagi yang belum bisa membayar pinjaman dengan tepat waktu. Cara penagihannya juga sangat meresahkan dan kadang diluar aturan. Untuk itu, cara menghadapi teror DC pinjol perlu kalian coba. 

Nah, dibawah ini ada beberapa cara menghadapi teror DC pinjol yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari berbagai risiko yang merugikan, seperti teror, ancaman, kejaran dan bahkan didatangi oleh DC pinjol. 

BACA JUGA:Begini 8 Cara Ampuh Menghadapi Teror DC Pinjol yang Paling Efektif dan Dijamin Kapok

Cara Menghadapi Teror DC Pinjol 

1. Laporkan Pinjol ke Lembaga Resmi

Melaporkan penagihan yang merugikan merupakan salah satu cara menghadapi teror DC pinjol yang paling efektif. Siapkan bukti pendukung seperti rekaman video, isi chat, dan rekaman panggilan suara.

Tanpa bukti yang kuat, laporan kalian mungkin tidak akan ditindaklanjuti oleh lembaga resmi seperti OJK. Kalian juga bisa melaporkannya ke Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). DC yang melakukan pelanggaran dapat dikenai efek jera seperti di-blacklist atau pencabutan profesi.

2. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Cara menghadapi teror DC pinjol berikutnya yaitu tetaplah tenang dan jangan panik. Biasanya, penagih utang akan meneror nasabah galbay selama sekitar dua minggu secara terus-menerus. Jika DC menghubungi, usahakan tetap tenang dan cuek saja. Untuk mencegah teror di media sosial, amankan akun kalian seperti Instagram, Facebook, dan lainnya.

3. Hentikan Negosiasi dengan DC

Jangan menerima tawaran jasa joki, bantuan, atau negosiasi dari DC. DC hanya bertugas untuk menagih utang, bukan untuk mengurus pembayaran. Jika kalian sudah memiliki uang dan ingin membayar utang, lakukan pembayaran melalui aplikasi atau media pembayaran resmi lainnya untuk menghindari risiko penipuan.

BACA JUGA:Cara Hadapi Teror DC Pinjol Jika Terlanjur Galbay Dalam Waktu Lama

4. Pahami Aturan Penagihan dari OJK Terbaru

Kategori :