4 Rahasia Cara Melindungi Kontak Hp dari Pinjol Ilegal

Jumat 09-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Biasanya info yang diakses atau diambil aplikasi pinjol yaitu daftar nomor kontak, alamat email, lokasi, atau account jejaring sosial. Setiap data kontak yang ada di ponsel bisa diambil dan dibaca oleh aplikasi pinjaman.

Jika kalian memberikan izin aplikasi, maka sistem dapat mengambil data kontak di ponsel. Data tersebut bisa diakui pinjol sebagai kontak darurat yang bisa dihubungi jika ada masalah dengan pembayaran kalian.

Namun kalian bisa melindungi kontak-kontak baru di ponsel kalian dengan menonaktifkan izin akses. Caranya dengan masuk ke menu pengaturan di ponsel, lalu pilih opsi aplikasi dan temukan aplikasi pinjol yang terpasang.

Jika kalian terlanjur memberikan izin akses, maka bisa jadi kontak yang ada di ponsel sudah diambil oleh pihak pinjol dan disimpan dalam server mereka. Kalian tidak akan bisa melakukan apa-apa lagi. Di opsi izin aplikasi, kalian bisa menonaktifkan izin-izin seperti kamera, kalender, kontak, penyimpanan, dan lokasi.

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal, Berikut Ciri-cirinya yang Wajib Dihindari

4. Cermati Syarat dan Ketentuan

Transaksi hutang piutang merupakan sebuah aktivitas yang harus dilakukan dengan hati-hati. Termasuk juga mengenai poin-poin syarat dan ketentuan.

Karena itu kalian perlu membaca dan memahami mengenai persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan. Jangan tergiur berbagai penawaran yang terlihat menguntungkan.

Cermati baik-baik lebih dulu dan apakah terdapat beberapa persyaratan yang tidak wajar. Bila kalian menjumpai persyaratan atau ketentuan yang tidak wajar ataupun tawaran yang berlebihan, batalkan saja.

Demikian beberapa informasi mengenai cara melindungi kontak HP dari pinjol ilegal yang perlu kalian lakukan agar tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. 

Kategori :