Siswa SMA Negeri 5 Kota Tegal Tanam Mangrove

Rabu 07-08-2024,10:45 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Hari Mangrove Sedunia diperingati setiap 26 Juli. penetapan UNESCO sejak 2015 dan menyadarkan bahwa sebagai ekosistem pesisir yang unik. mangrove berperan krusial dalam menurunkan karbon dan mengurangi dampak perubahan iklim. Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal mengadakan penanaman mangrove di sekitar Bantaran jalan Kali Kemiri Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, dekat SMA Negeri 5.

"Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dan tumbuhan," kata Kepala SMA Negeri 5 Kota Tegal Kurotu A'yun.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Bersiap Layani Permintaan Dropping Air Bersih

Mangrove itu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami. Karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Kegiatan ini berangkat dari kepedulian Naily Lestari sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Kota Tegal bersama dengan beberapa stakeholder. 

BACA JUGA:Dorong Wirausaha Pemuda Dapat Wawasan Pengetahuan Baru

"Dengan diadakannya penanaman mangrove ini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada siswa-siswi dan masyarakat. Akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut," pungkasnya.

Kategori :