6 Cara Merawat Hp agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Senin 05-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Perkembangan dunia teknologi khususnya gadget semakin pesat, sebuah keuntungan bagi kita jika mempunyai HP yang performanya bisa digunakan sepanjang masa. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara merawat HP agar awet dan tidak cepat rusak.

Karena saat ini terkadang bukan lagi soal canggih atau up to date nya sebuah HP yang bikin awet, tapi tentang seberapa cermat kita dalam cara merawat HP agar awet dan tidak cepat rusak.

Banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan satu Smartphone mulai dari keperluan komunikasi, dokumentasi, pembayaran dan masih banyak lagi. Cara merawat HP agar awet dan tidak cepat rusak sangat penting karena dapat meringankan pembiayaan dari pada membeli HP baru.

Jika Anda bertujuan punya HP untuk dipakai bertahun-tahun, yuk simak ulasan cara merawat HP agar awet dan tidak cepat rusak, baca sampai elesai ya!

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Masalah Pengisian Daya Hp yang Tidak Normal

Berikut ini 6 cara merawat HP agar awet dan tidak cepat rusak, diantaranya :

1. Pakai Charger Original

Cara merawat HP satu ini sangat vital. Kita semua tahu jika menggunakan charger yang tidak sesuai standar kualitas HP kita akan membuat HP cepat panas. HP yang panas biasanya rentan sekali terjadi kerusakan. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menggunakan charger yang asli.

Penggunaan power bank yang terlalu sering juga tidak bagus untuk HP kita. Power bank yang fungsinya hanya dipakai untuk situasi darurat memang sudah seharusnya dipakai saat darurat saja. Usahakan untuk tetap menggunakan charger HP kamu dengan charger yang seharusnya dipakai.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cek lagi HP kamu, apakah ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak pernah kamu pakai selama ini? Kalau iya dan sepertinya kamu tidak memerlukannya, lebih baik hapus aja. Ini salah satu cara merawat HP agar awet dan menjaga performanya tetap baik.

Beberapa aplikasi memakan kapasitas RAM dan CPU yang cukup besar, ini bisa memperlambat kerja HP kamu. Ada baiknya kamu hapusin beberapa aplikasi yang sekiranya tidak kamu pakai lagi.

3. Bersihkan Cache

Cache atau file temporer yang dihasilkan browser atau aplikasi HP kamu sebenarnya berfungsi untuk mengingat perintah yang kamu lakukan di HP kamu agar tidak perlu membuat aktivitas baru lagi saat kamu menjalani beberapa perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. 

Cara merawat HP agar awet bisa dilakukan dengan menghapus atau membersihkan cache yang ada di browser atau aplikasi yang kamu pakai.

Kategori :