Putaran ke-9, Pelatihan Satlinmas Dipusatkan di Balapulang Kabupaten Tegal

Kamis 01-08-2024,08:45 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Pelatihan peningkatan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk pengamanan Pilkada 2024 memasuki putaran ke-9. Kali ini, pelatihan yang dipandegani Satpol PP Kabupaten Tegal itu dipusatkan di Pendapa Kecamatan Balapulang.

Pelatihan dibuka oleh Pj Bupati Tegal Agustyarsyah yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Suspriyanti.

Menurutnya, Satlinmas memiliki peran penting dalam Pilkada. Mereka akan menjaga keamanan dan ketertiban di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mulai dari proses pemungutan suara, penghitungan suara, hingga rekapitulasi suara.

BACA JUGA:Jaga Stabilitas Harga, Pj Wali Kota Tegal Minta OPD dan Masyarakat Tanam Cabai

"Harapan kami, ilmu yang didapat dalam pelatihan ini harus benar-benar diimplementasikan oleh anggota Satlinmas saat bertugas mengamankan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang," kata Suspriyanti, saat mewanti-wanti para personel Satlinmas Balapulang.

Sementara, Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi melalui Sekretarisnya Giyarto menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas politik dan penguatan penyelenggaraan perlindungan masyarakat pada tahapan Pemilu dan Pilkada oleh Satlinmas. 

BACA JUGA:Pelatihan Destana untuk Warga Prupuk Utara Kabupaten Tegal

"Pada saat Pilkada nanti, anggota Satlinmas yang bertugas di TPS minimal 2 orang. Mereka akan dibiayai oleh KPU. Sedangkan petugas Linmas di luar TPS, merupakan bantuan dari Pemda melalui Satpol PP Kabupaten Tegal," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pelatihan peningkatan kapasitas Satlinmas ini dilaksanakan sejak 12 Juni hingga 18 September 2024 mendatang. Adapun pematerinya, tidak hanya dari Satpol PP, tapi juga dari komisioner KPU, anggota Kodim 0712/Tegal dan Polres Tegal. Termasuk dari camat setempat. 

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Sidak Progres Perbaikan RTLH

"Ini merupakan putaran ke-9. Dan pelatihan ini kami laksanakan ke seluruh anggota Satlinmas se Kabupaten Tegal. Jumlahnya mencapai ribuan orang," ujarnya.

Sementara Plt. Camat Balapulang M. Sihabuddin mengatakan, jumlah desa di wilayah kerjanya sebanyak 20. Setiap desa memiliki anggota Satlinmas antara 20 sampai 30 orang.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk anggota Satlinmas di wilayah kami," imbuhnya. (adv)

Kategori :