3 Tips Jitu Membersihkan Nama di SLIK OJK , Solusi Bebas dari Daftar Hitam

Selasa 30-07-2024,18:58 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Bagi kalian yang memiliki skor kredit buruk di BI checking tentu akan berdampak dalam proses pengajuan cicilan ke layanan keuangan. Supaya dapat menggunakan layanan tersebut, maka kalian harus tahu tips membersihkan nama di SLIK OJK. 

Tips membersihkan nama di SLIK OJK agar bebas dari daftar hitam lembaga keuangan. SLIK OJK dulu dikenal dengan nama BI checking yang merupakan catatan riwayat kredit bagi setiap orang yang mengalami galbay atau macet bayar. 

Pentingnya mengetahui tips membersihkan nama di SLIK OJK agar bisa mengajukan pinjaman kembali dengan mudah. Pada umumnya, skor kredit buruk di SLIK OJK disebabkan seseorang menunggak pembayaran cicilan alias tagihan yang belum dilunasi. Hal itu akan berpengaruh terhadap disetujui atau tidaknya pengajuan kredit di kemudian hari.

Pada artikel kali ini, telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai tps membersihkan nama di SLIK OJK yang bisa kalian lakukan agar nama kembali menjadi bersih. 

BACA JUGA:Begini Syarat dan Cara Mudah Cek BI Checking atau SLIK OJK Via Online Maupun Offline

 

1. Melunasi Tunggakan Kredit

Apabila debitur masih punya tanggungan yang belum dibayar, maka tips membersihkan nama di SLIK OJK yaitu dengan melunasi tunggakan kredit tersebut.

Debitur juga bisa mengecek jumlah tunggakan yang belum terbayar dan berapa bulan keterlambatannya. Ingat, semakin lama cicilan tidak dibayar maka denda yang dikenakan makin besar.

Namun dalam sejumlah kasus, terdapat seseorang yang tidak pernah mengajukan cicilan tetapi namanya tercantum sebagai peminjam. Hal itu kemungkinan terjadi karena kesalahan dalam pemberian kredit.

Jika terjadi demikian, maka nasabah yang namanya terdaftar sebagai peminjam perlu melaporkan masalah tersebut kepada pihak pemberi kredit (kreditur) untuk dimintai konfirmasi dan penjelasan.

2. Terus Memantau Skor Kredit

Setelah melunasi semua tunggakan cicilan, kini debitur harus melakukan konfirmasi ke OJK jika kewajiban kredit telah diselesaikan. Kemudian, debitur bisa memantau perubahan data skor kredit di SLIK OJK.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Cara Efektif Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan Anti Tolak

Perlu diingat, pembaruan data biasanya dilakukan maksimal 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan. Nantinya, pihak pemberi layanan kredit juga akan menerbitkan surat keterangan penghapusan atau pelunasan tagihan untuk disimpan dan dipakai jika dibutuhkan.

Kategori :