Waspada Bahaya Penggunaan Jasa Joki Pinjol, Simak Cara Menghindarinya

Selasa 30-07-2024,17:20 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG- Bagi anda yang sedang membutuhkan dana pinjaman tentunya akan melakukan pengajuan pinjaman online, karena ada beberapa penyebab pengajuan pinjaman tidak disetujui. Sehingga banyak jasa joki pinjol yang menawarkan jasanya untuk membantu anda.

Jasa joki pinjol ini menawarkan jasa pengajuan pinjaman online atas nama orang lain dengan imbalan tertentu, praktik ini tidak hanya merugikan secara finansial namun juga berpotensi menimbulkan masalah hukum.

Jasa joki pinjol umumnya menargetkan individu yang memiliki kesulitan dalam mengajukan pinjaman secara mandiri, seperti mereka yang memiliki riwayat kredit buruk atau tidak memenuhi persyaratan pengajuan. Modus operandi jasa ini cukup beragam, mulai dari menawarkan bunga pinjaman yang sangat rendah, mempercepat proses pencairan, hingga menjamin pinjaman akan cair.

Oleh sebab itu saran dari kami anda perlu menghindari penggunaan jasa joki pinjol, karena akan banyak risiko yang akan anda terima jika menggunakan jasa tersebut.

BACA JUGA:Begini Cara Efektif Menghindari Joki Pinjol, Berikut Cara Kerjanya yang Perlu Dipahami

Nah berikut ini akan kami beritahu mengenai jasa joki pinjol, yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Tanggung Jawab Utang

Meskipun pinjaman diajukan oleh jasa ini, namun tanggung jawab pembayaran tetap berada pada peminjam. Jika gagal membayar, maka peminjam akan menghadapi risiko seperti penagihan utang yang agresif, pelaporan ke BI Checking, hingga ancaman pidana.

2. Penyalahgunaan Data Pribadi

Dalam proses pengajuan pinjaman, pihak jasa akan meminta data pribadi peminjam, seperti KTP, nomor telepon, dan rekening bank. Data-data ini berpotensi disalahgunakan untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab, seperti penipuan atau tindak kejahatan lainnya.

3. Suku Bunga Tinggi

Meskipun pihak jasa menawarkan bunga yang rendah di awal, namun seringkali terdapat biaya-biaya tambahan yang tidak terungkap, sehingga total bunga yang harus dibayar menjadi sangat tinggi.

4. Terjerat Pinjaman Bermasalah

Pinjaman yang diajukan oleh pihak jasa seringkali berasal dari platform pinjaman online ilegal yang tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini membuat peminjam rentan terhadap praktik-praktik yang merugikan, seperti perpanjangan pinjaman secara otomatis dan penagihan yang tidak manusiawi.

Cara Menghindari Jasa Joki Pinjol

Kategori :