5 Tips Jitu Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data, Berikut Cara Menghindarinya

Selasa 30-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Pinjaman online merupakan fasilitas pinjam meminjam yang disediakan perusahaan yang bergerak di industri keuangan yang beroperasi secara online. Namun jika sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal, perlu ketahui tips mengatasi pinjol ilegal sebar data. 

Sekarang ini banyak masyarakat yang mengajukan pinjaman online. Namun terkadang ada yang terjebak dalam pinjaman ilegal, Untuk itu, perlu mengetahui tips mengatasi pinjol ilegal sebar data agar data tetap aman dan terjaga sehingga tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Tips mengatasi pinjol ilegal sebar data merupakan cara yang paling tepat ketika terjerat pada pinjol yang ilegal. Sebab pinjol ilegal memiliki risiko terutama jika debitur mengalami galbay atau macet bayar. 

Jika kalian menjadi salah satu korbannnya, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa tips mengatasi pinjol ilegal sebar data debitur. 

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data yang Wajib Dilakukan

 

1. Hapus Izin Aplikasi Pinjol 

Jika data pribadi kalian sudah disalahgunakan, kalian bisa menghapus data dan cache aplikasi HP ataupun dengan langsung meng-uninstall aplikasinya. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko data pribadi kalian tersebar secara lebih meluas.

2. Lapor ke Pihak Kepolisian 

Selain melapor ke OJK, jangan ragu juga untuk membuat laporan ke polisi bila kalian menjadi korban penyebaran data pinjol. Pasalnya, tindakan tersebut pada dasarnya memang telah melanggar hukum. Jangan lupa untuk menyertakan berbagai bukti yang valid untuk mendukung laporan agar kasus bisa langsung ditangani.

3. Lunasi Utang 

Tips mengatasi pinjol ilegal sebar data berikutnya yaitu dengan melunasi utangnya. Namun, tentu saja kalian harus menyiapkan uang sejumlah pinjaman plus bunganya. Hal ini dikarenakan pinjol ilegal biasanya akan tetap sebar data jika kita hanya melunasi utang pokoknya saja.

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi, sangat Ampuh dan Efektif!

4. Buat Kesepakatan 

Tips mengatasi pinjol ilegal sebar data selanjutnya yaitu dengan membuat kesepakatan dengan pihak pinjol ilegal. Buat kesepakatan terkait cara penagihan yang boleh atau tidak boleh dilakukan. 

Kategori :