Kembangkan Industri Wisata, Dosen Unsoed Teliti Seni Budaya Kuntulan di Kabupaten Tegal

Senin 29-07-2024,10:45 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Sejumlah dosen dari Universitas Jenderal Soedirman mengaku tertarik untuk meneliti eksistensi seni budaya kuntulan di Kabupaten Tegal. Peneliti merasa perlu mengeksplorasi lebih jauh di tengah arus modernisasi. 

Ketua Peneliti Unsoed Musmuallim menyampaikan studi tentang budaya kuntulan telah dilakukan beberapa peneliti sebelumnya. Namun, eksplorasi tentang sejarah, identitas, karakter dan nilai hampir belum tersentuh. Terlebih dalam pengembangan industri wisata budaya daerah di Kabupaten Tegal. Selama ini eksistensi budaya kuntulan belum mendapat ruang yang cukup di tengah masyarakat, terutama pada identitasnya sebagai budaya daerah. 

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Jadi Sorotan DPRD Kabupaten Pemalang

"Terlebih, ruang pada kawasan industri wisata daerah yang menjadi andalan dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Tegal,” terangnya.

Identitas budaya lokal akan semakin mendapat ruang di ranah publik ketika salah satunya memperoleh kesempatan menjadi pusat perhatian di dunia industri wisata daerah. Aspek ini yang akan menjadi fokus studi kajian dalam proses penelitian tentang budaya kuntulan di Kabupaten Tegal. Penelitian ini fokus pada eksplorasi tentang eksistensi budaya kuntulan dalam pengembangan industri wisata budaya. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Dukung Aksi Tanam Mangrove

"Eksistensi ini akan dikaji secara fenomenologis dengan mempertimbangkan akar sejarah dan identitas budaya di tengah masyarakat modern,” jelasnya. 

Kategori :