Penting Ketahui, Ini 7 Tips Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

Minggu 28-07-2024,22:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Kemudahan dalam mengakses teknologi membuat kalian terpesona. Pasalnya kalian harus tetap berhati-hati soal kemanan sebab ada beberapa bahaya jika kalian terlanjur terjerat pinjol ilegal, karena itu tips terhindar dari pinjol ilegal perlu kalian ketahui. 

Tips terhindar dari pinjol ilegal sangat efektif jika dilakukan dengan benar untuk menghindari risiko kerugian. Salah satu risikonya yaitu penyebaran data pribadi, teror dan ancaman yang selalu mengintai, serta suku bunga yang semakin mencekik sehingga mempersulit untuk lepas dari jeratan pinjol ilegal tersebut. 

Karena itu, tidak semua pinjaman online aman dan legal. Faktanya banyak ditemukan rentenir yang tujuannya mencari keuntungan dan tidak diawasi oleh OJK. Maka dari itu, tips terhindar dari pinjol ilegal menjadi solusinya.

Lalu, apa saja tips terhindar dari pinjol ilegal? Berikut ada beberapa solusi efektif yang dapat kalian terapkan untuk menghindari dari risiko dan bahaya yang akan mengintai.  

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Jitu Menghindari Pinjol Ilegal agar Tidak Terjebak Hutang yang Menumpuk

 

1. Rekam Jejak Digital

Era digital saat ini memudahkan kalian untuk melakukan pelacakan apakah pinjol aman atau tidak. Caranya yaitu dengan melihat berbagai testimoni dan review dari pengguna yang sudah pernah mengajukan pinjaman dana.

Kalian juga bisa mencari tahu rekam jejak digital melalui berita dari berbagai platform berita terpercaya. Apabila pernah muncul berita negatif mengenai perusahaan pinjol tersebut, sebaiknya hindari. Bahkan berita juga tidak segan menginformasikan daftar perusahaan pinjol ilegal.

2. Memahami Detail Syarat dan Ketentuan

Tiap kali kalian akan melakukan aktivitas dengan pihak eksternal, sebaiknya baca secara seksama syarat dan ketentuan. Terlebih hal ini berhubungan dengan hak dan kewajiban kedua belah pihak. Sehingga mampu meminimalisir ketidakpastian dan pemahaman yang salah dari sistem karena sudah ada kesepakatan bersama.

BACA JUGA:Begini 5 Cara Menghindari Pinjol Ilegal dengan Tepat, Lakukan Cara ini Agar Terhindar Bunga yang Tinggi

3. Menjaga Data Pribadi

Tips terhindar dari pinjol ilegal berikutnya yaitu menjaga data pribadi. Pastikan kalian tidak sembarangan dalam menginput dokumen penting, seperti KK, KTP, dan identitas lainnya di internet. Hindari pula klik sembarangan pada tautan yang dikirimkan melalui aplikasi chatting.

Jangan pula sembarangan klik Allow pada web browser saat membuka berbagai situs web. Sebab, jika melakukannya, ada pihak tidak bertanggung jawab yang bisa mengakses berbagai data pada perangkat kalian.

Kategori :