Awas Masuk Lingkaran Utang, Inilah 5 Penyebab Terjerat Pinjol yang Sering Terjadi

Minggu 28-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Banyak orang yang memilih menggunakan pinjaman online untuk mengatasi kebutuhan finansial mereka, namun ternyata hal tersebut yang menjadikan penyebab terjerat pinjol.

Pinjaman online memang menawarkan berbagai kemudahannya yang menjadikan banyak orang tertarik untuk menggunakan, penyebab terjerat pinjol ini akan membawa anda ke lingkaran utang yang tak kunjung selesai.

Untuk menghindari anda masuk kedalam lingkaran utang yang tak kunjung selesai, alangkah baiknya anda mengetahui berbagai penyebab terjerat pinjol.

Berikut ini akan kami beritahu berbagai penyebab terjerat pinjol yang perlu anda ketahui, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:8 Penyebab Masyarakat Terjerat Pinjol Berdasarkan Penelitian NoLimit Indonesia

 

1. Kebutuhan Mendesak

Pengeluaran tak terduga: Penyebab terjerat pinjaman online yang utama bisa karena pengeluaran tak terduga seperti biaya medis darurat, perbaikan rumah yang mendadak, atau biaya pendidikan anak yang membengkak dapat memaksa seseorang untuk mencari pinjaman cepat.

Tekanan ekonomi: Kehilangan pekerjaan, penurunan pendapatan, atau peningkatan biaya hidup juga menjadi alasan utama seseorang mencari pinjaman.

2. Gaya Hidup Konsumtif

Ingin mengikuti tren: Penyebab terjerat pinjol bisa karena tekanan untuk memiliki barang-barang mewah atau mengikuti gaya hidup teman sebaya dapat mendorong seseorang untuk berutang.

Belanja impulsif: Kebiasaan belanja tanpa perencanaan yang matang seringkali membuat seseorang terlilit utang.

3. Kurangnya Literasi Keuangan

Tidak memahami bunga: Banyak orang tidak memahami bagaimana bunga pinjaman bekerja, sehingga mereka meremehkan jumlah total yang harus dibayar.

Tidak membaca syarat dan ketentuan: Tergesa-gesa untuk mendapatkan uang membuat banyak orang tidak teliti membaca syarat dan ketentuan pinjaman online, sehingga mereka tidak menyadari adanya biaya tambahan atau denda.

Kategori :