Anggota DPRD Kota Tegal Minta Insentif Kader Kesehatan Dinaikan

Jumat 26-07-2024,12:15 WIB
Reporter : K. Anam Syamahdani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal Sugiyono meminta insentif kader kesehatan di Kota Bahari untuk dinaikkan. Insentif yang selama ini dialokasikan untuk kader kesehatan senilai Rp35.000 per bulan dinilai belum sebanding dengan kinerja mereka sebagai pilar dan ujung tombak dalam menjalankan program pemerintah di bidang kesehatan. 

“Kami meminta ada peningkatan. Minimal Rp50.000 sampai Rp75.000 perbulan. Saat ini, nilainya terlalu kecil,” kata Sugiyono saat dikonfirmasi. Sebelumnya, politisi Partai Golkar tersebut juga telah menyuarakan itu dalam Rapat Kerja Komisi II dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal. 

BACA JUGA:SPPI Kabupaten Pemalang Minta APH Tahan Diri Lakukan Penindakan Manning Agency

Menurut Sugiyono, apabila terbentur peraturan standarisasi, berharap ada komitmen bersama untuk mengubah perangkaannya. “Standarisasinya perlu diubah. Ini menimbang kinerja kader kesehatan di lapangan. Kami berharap Dinas Kesehatan memiliki kepedulian,” ucap legislator yang berasal dari Daerah Pemilihan Tegal Barat itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Zainal Abidin mengatakan, kader kesehatan merupakan garda terdepan layanan di bidang kesehatan. Dinas Kesehatan merasa terbantu dengan adanya kader kesehatan. Sehubungan penghargaan untuk kader kesehatan, Dinas Kesehatan sudah mengusulkan Rp50.000, namun standarisasinya memang Rp35.000. 

Kategori :