Ini Dia 10 Rahasia Tips Bebas dari Jeratan Pinjaman Online yang Paling Efektif

Kamis 25-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Jika penghasilan kalian saat ini tidak mencukupi untuk menutupi semua cicilan dan kebutuhan hidup, cobalah mencari sumber penghasilan tambahan. Kalian bisa memanfaatkan keterampilan yang kalian miliki untuk menjalani pekerjaan paruh waktu atau menjalankan usaha sampingan.

5. Bijak Menggunakan Fintech 

Fintech atau financial technology tidak selalu identik dengan pinjol. Saat ini banyak perusahaan fintech yang menawarkan layanan keuangan bermanfaat seperti dompet digital atau platform investasi. Pelajari dan manfaatkan fintech yang bisa membantu kalian dalam mengelola keuangan dengan lebih baik.

BACA JUGA:8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Bebas dari Jeratan Pinjol

6. Manfaatkan Lembaga Keuangan Formal 

Jika kalian membutuhkan dana untuk keperluan produktif, ada baiknya untuk mencari pinjaman melalui lembaga keuangan formal seperti bank. Meskipun proses pengajuannya mungkin lebih memakan waktu dibandingkan dengan pinjol, namun lembaga keuangan formal menawarkan suku bunga yang lebih transparan dan terjamin keamanannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

7. Edukasi Diri Sendiri 

Tingkatkan literasi keuangan kalian. Pelajari mengenai perencanaan keuangan, pengelolaan anggaran, dan bahaya pinjol. Semakin banyak pengetahuan yang kalian miliki, semakin baik kalian dalam mengambil keputusan keuangan dengan tepat. 

8. Kelola Keuangan dengan Bijak 

Langkah selanjutnya yaitu membangun kebiasaan mengelola keuangan dengan bijak. Buatlah anggaran bulanan yang realistis. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan, alokasikan dana darurat untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak di masa depan sehingga kalian tidak tergoda untuk kembali menggunakan pinjol.

BACA JUGA:7 Tips Ampuh Agar Bebas dari Jeratan Pinjol Ilegal, Apakah Boleh di Galbay?

9. Waspada Penipuan 

Ketika kalian sedang dalam kesulitan keuangan, kalian mungkin rentan menjadi target penipuan. Hindari tawaran pihak yang menjanjikan penghapusan utang pinjol dengan biaya tertentu. Biasanya, skema ini justru akan menambah beban keuangan kalian.

10. Catat dan Konsolidasikan Utang Pinjol 

Buatlah daftar yang mencantumkan nama platform pinjol, jumlah pinjaman awal, bunga, tenor pinjaman, biaya tersembunyi (jika ada), dan total cicilan per bulan. Dengan melihat daftar ini secara keseluruhan, kalian bisa mengetahui gambaran utang secara menyeluruh dan membuat rencana pembayaran yang lebih terstruktur.

Itulah beberapa informasi seputar 10 tips bebas dari jeratan pinjaman online yang dapat kalian coba dan lakukan untuk menghindari lilitan utang pinjol yang berkepanjangan. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :