Ini Dia 10 Rahasia Tips Bebas dari Jeratan Pinjaman Online yang Paling Efektif

Kamis 25-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Pinjaman online memang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam pengajuan dana. Namun, kemudahan ini terkadang justru menjerumuskan penggunanya ke dalam lilitan utang. Tips bebas dari jeratan pinjol menjadi solusinya. 

Tips bebas dari jeratan pinjol dapat dilakukan dengan mudah dan bisa menjadi solusi untuk menghindari berbagai kerugian akibat galbay atau macet bayar. Bunga tinggi, biaya tersembunyi, dan penagihan agresif bisa membuat situasi keuangan kalian semakin memburuk. 

Dengan adanya tips bebas dari jeratan pinjol dapat membantu kalian dari berbagai risiko, seperti kejaran dan kedatangan debt collector (DC) pinjaman online yang bikin resah. Dengan adanya langkah berikut ini membantu kalian untuk bebas dari utang yang semakin membangkak. 

Pada artikel kali ini, telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai tips bebas dari jeratan pinjol yang bisa kalian lakukan untuk menghindari risiko kerugian kedepannya. 

BACA JUGA:4 Tips Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal saat Terlanjur Galbay

 

1. Hubungi Penyedia Pinjol 

Tips bebas dari jeratan pinjol yaitu menghubungi satu per satu penyedia pinjaman online (pinjol) yang kalian gunakan. Jelaskan kondisi keuangan kalian saat ini dan niat kalian untuk menyelesaikan utang. Beberapa penyedia pinjol mungkin menawarkan program restrukturisasi utang berupa penurunan bunga, perpanjangan tenor, atau pengurangan denda keterlambatan.

2. Hentikan Pengambilan Pinjaman Baru 

Tips bebas dari jeratan pinjol berikutnya yaitu berhenti mengambil pinjaman online baru untuk menutupi pinjaman lama. Ini seperti lingkaran setan yang tidak akan ada habisnya. Alih-alih menyelesaikan masalah, kalian malah akan terjebak dalam utang yang semakin besar.

3. Cari Bantuan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 

Jika menghadapi kesulitan dalam bernegosiasi dengan penyedia pinjol atau mengalami tindakan penagihan yang tidak fair, kalian bisa mencari bantuan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menangani masalah pinjaman online.

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol Terbaru 2024, Solusi Efektif Lunasi Hutang

LSM ini bisa membantu kalian dalam melakukan mediasi dengan penyedia pinjol. Beberapa LSM yang bisa dihubungi antara lain Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) atau LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban).

4. Cari Sumber Penghasilan Tambahan 

Kategori :