8 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol Terbaru 2024, Solusi Efektif Lunasi Hutang

8 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol Terbaru 2024, Solusi Efektif Lunasi Hutang

cara keluar dari jeratan pinjol--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Pinjol atau pinjaman online adalah aplikasi yang menyediakan layanan pinjaman uang bagi para pengguna. Biasanya, aplikasi ini menetapkan sejumlah limit dana yang bisa dicairkan dan dibayarkan dalam tempo waktu tertentu. Nasabah juga harus tahu cara ampuh keluar dari jeratan pinjol. 

Mengutip buku Praktik Profesional Hukum susunan Arief Budiono, dkk., ada banyak pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biasanya, pinjaman online tersebut menawarkan kemudahan pencairan dana tanpa syarat-syarat yang ribet. Namun, ada risiko besar galbay dan ANda harus tahu cara ampuh keluar dari jeratan pinjol.

Kemudahan tersebut membuat sebagian masyarakat ketagihan untuk meminjam dana di aplikasi pinjaman online. Namun hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan finansial mereka. Agar terhindar dari jeratan utang pinjol, simak tips dan tata cara lepas dari pinjaman online selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Tata Cara Keluar dari Jeratan utang pinjol. Simak sampai akhir ya.

BACA JUGA:Tips Keuangan Sehat, Cara Ampuh Bebas dari Jeratan Pinjol Tanpa Bayar Terbaru 2024

Meski sah-sah saja, penggunaan pinjol atau pinjaman online yang tidak bijak bisa membawa pada permasalahan finansial baru. Apabila tidak segera dilunasi tagihannya, kreditur harus membayar bunga yang nilainya cukup besar.

Sejak awal kemunculannya, pinjol atau pinjaman online telah menjadi alternatif dalam memenuhi kebutuhan finansial masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah. Tujuannya beragam, bisa untuk modal bisnis, memenuhi kebutuhan hidup, hingga membeli barang mahal.

Untuk lepas dari jeratan pinjol, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan, berikut penjelasannya :

Tips Keluar dari Jeratan Pinjaman Online

1. Hentikan peminjaman baru

Hal terpenting untuk lepas dari pinjol adalah dengan menghentikan pinjaman baru. Jangan tergoda untuk meminjam lagi meskipun tawaran pinjol jauh lebih mudah dan cepat. Fokuslah untuk melunasi utang tersebut secepatnya.

BACA JUGA:Cara Aman dari Jeratan Pinjol Ilegal, Hindari dari Dini Debt Collector Datang ke Rumah

2. Buat rencana pembayaran

Setelah mengevaluasi keuangan, buatlah rencana pembayaran yang realistis. Identifikasi pinjol dengan bunga paling tinggi dan prioritaskan untuk melunasinya terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: