Bagaimana Tips Menghadapi Panggilan Telepon dari DC? Terapkan 8 Langkah Ini Agar Aman

Selasa 23-07-2024,17:13 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Jelaskan situasi keuangan kalian saat itu, bicarakan dengan tenang dan jujur. Jika kalian belum bisa membayarnya pada saat itu, maka negoisasikan dengan DC untuk menemukan solusi bagi kedua belah pihak.

4. Dengarkan dan Tanggapi Baik-baik

Tips menghadapi panggilan telepon dari DC selanjutnya yaitu mendengarkan dan tanggapi dengan baik. Biarkan debt collector menjelaskan terlebih dahulu maksud dan tujuan menelepon. Setelah debt collector selesai kalian bisa menanggapinya dengan kalimat yang sopan dan baik.

5. Ketahui Hak dan Kewajiban Kalian  

Bagi debitur memliki hak untuk mendapat informasi yang jelas dan akurat mengenai umlah utang dan perincian lainnya. Selain itu, kalian juga memiliki kewajiban untuk membayar pinjaman sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

6. Konsultasikan dengan Lembaga Hukum

Apabila kalian merasa bahwa DC ini telah melanggar hak-hak dan bertindak kekerasan, maka tidak ada salahnya untuk menghubungi ke lembaga hukum terkait. Lembaga hukum ini bisa memberikan saran dan melindungi kalian. 

BACA JUGA:5 Tips Cerdas Hadapi DC Pinjol dengan Tepat Tanpa Rasa Takut

7. Beri Kepastian untuk Membayar

Memberi kepastian ini mungkin terbilang sulit dilakukan. Tetapi DC juga biasanya ingin diberi kepastian kapan kalian akan mebayar.

Selain itu juga sebagai solusi untuk menghindari omelan dari DC. Mengingat kewajiban sebagai peminjam juga untuk memberi kepastian kapan akan membayar.

8. Sambut Dengan Ramah

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan yaitu menyambut ramah, menyapa kepada si DC. Jangan sampai awal pembicaraan kalian sudah menggebu-gebu sehingga obrolan menjadi sengit.

Itulah beberapa informasi seputar tips menghadapi panggilan telepon dari debt collector (DC) yang dapat kalian lakukan untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :