Bagaimana Tips Menghadapi Panggilan Telepon dari DC? Terapkan 8 Langkah Ini Agar Aman

Selasa 23-07-2024,17:13 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Tips menghadapi panggilan telepon dari DC atau debt collector penting diketahui, dan jangan panik maupun takut, sebab akan menimbulkan keputusan fatal bagi nasabah. Debt collector memiliki banyak cara untuk menagih baik secara langsung mendatangi rumah maupun via telepon.

Pinjol alias pinjaman online kini marak digunakan oleh berbagai kalangan, sebab menawarkan berbagai kemudahan. Meskipun begitu ada risiko kerugian seperti berurusan dengan DC / debt collector. Tips menghadapi panggilan telepon dari DC menjadi solusinya. 

Biasanya debt collector menelepon debiturnya karena ada beberapa hal, misalnya karena tagihan lupa dibayar atau memang tagihannya sudah menunggak sejak lama. Bisa jadi DC ini hanya ingin memastikan dan mengkonfirmasi kapan kalian bisa membayar tagihan tersebut. Maka dari itu, perlu ketahui tips menghadapi panggilan telepon dari DC (debt collector). 

Upaya penagihan yang dilakukan oleh pihak DC bisa dilakukan dengan dua cara yaitu media komunikasi dan secara langsung. Tips menghadapi panggilan telepon dari DC dapat kalian lakukan agar urusan dengan penagih utang tidak semakin panjang. 

BACA JUGA:Bagaimana Tips Menghadapi DC Pinjol Saat Galbay? Terapkan 5 Solusi Cerdas Ini Dijamin Aman

Mendapat notifikasi telepon dari debt collector (DC) tentu bukan sesuatu yang menyenangkan. Yang berarti kalian bermasalah terkait utang peminjaman.

Debt collector yang handal biasanya bisa membaca respon dari debiturnya. Jika kalian bersikap agresif, mereka bisa melakukan hal-hal yang tidak kalian sukai. Misalnya mendesak untuk menjual barang berharga yang kalian miliki. 

Dalam beberapa kasus, kebanyakan DC menghubungi debitur via telepon disertai dengan banyak ancaman. Walaupun begitu, kalian sebagai debitur jangan sampai menghindari untuk mengangkat telepon dari DC.

Tips Menghadapi Panggilan Telepon dari Debt Collector 

1. Pastikan Debt Collector Resmi

Kesalahan bisa saja terjadi. Jika kalian ragu dengan total tunggakan atau tanggal jatuh tempo bisa dipastikan kembali. Bisa jadi kalian menerima panggilan bukan tagihan utangmu karena kesalahan data diri.

2. Gunakan Aplikasi Perekam 

Tips menghadapi panggilan telepon dari debt collector berikutnya yaitu gunakan aplikasi perekam. Pada saat mendapat telepon dari DC, kalian bisa menggunakan aplikasi perekam suara. Rekaman suara tersebut bisa digunakan sebagai barang bukti apabila suatu waktu debt collector melakukan intimidasi atau ancaman.

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Menghadapi DC Pinjol yang Bikin Resah

3. Negosiasikan Dengan Debt Collector

Kategori :