Ketahui 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Pasti Cair, Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM

Minggu 21-07-2024,21:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG -Jenis pinjaman modal usaha perlu kalian ketahui apabila sedang membutuhkan dana untuk berbisnis. Dana dari pinjaman modal umumnya bisa cair dalam jumlah yang besar. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka pengajuan pinjaman untuk mendapatkan modal usaha semakin cepat dan mudah. Modal usaha memang bukanlah faktor utama dalam memulai suatu bisnis. Ada pula bisnis yang berjalan tanpa modal seperti contohnya sistem dropshipper. Namun, dengan modal sejatinya bisa digunakan dalam jangka pendek maupun panjang sebagai pembayaran biaya operasional bulanan, gaji karyawan, ataupun sebagai modal peralatan dan perlengkapan bisnis. Karena itu, perlu ketahui apa saja jenis pinjaman modal usaha. 

Di bawah ini ada beberapa jenis pinjaman modal usaha yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan pinjaman ini, kalian bisa mengembangkan bisnis dan tidak perlu panik kekurangan modal bisnis. 

Lalu, apa saja jenis pinjaman modal usaha? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:5 Jenis Pinjaman Modal Usaha untuk Mengembangkan Bisnis, Pahami Syarat dan Ketentuan Sebelum mengajukan

 

1. Pinjaman Online

Pinjaman online saat ini bisa dikatakan sedang naik daun. Untuk mengajukan pembiayaan di pinjol tergolong mudah karena tidak membutuhkan persyaratan yang kompleks dan tanpa jaminan. Maka dari itu, jenis pembiayaan ini mulai digemari oleh masyarakat karena kemudahannya. Biasanya metode pembiayaan pinjaman online ini tidak mengharuskan syarat jaminan asset. Sehingga, tergolong lebih mudah dibandingkan pengajuan pembiayaan yang membutuhkan jaminan.

Syarat pengajuannya seperti, lampiran asli KTP, NPWP, dan slip gaji. Jika kalian mendaftar melalui aplikasi, biasanya akan dimintai foto selfie bersama KTP. Usia calon debitur juga diharuskan minimal 21 tahun hingga 60 tahun.

2. Modal Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jenis pinjaman modal usaha berikutnya yaitu dapat meminjam dana tanpa agunan atau jaminan kepada pemberi pinjaman dalam hal ini Bank. Lalu bagaimana pemberi pinjaman mereview kelayakan kredit suatu calon debitur? Calon debitur akan direview melalui riwayat kredit penggunaan di kartu kredit, kredit mobil atau motor, KPR, atau pinjaman online. Umumnya, bank akan memberikan maksimal limit KTA sebesar Rp 200 hingga 300 juta. Keuntungan KTA lainnya yaitu biasanya bank memberikan bunga rendah dan cicilan tetap setiap bulannya.

Syarat pengajuannya tergolong mudah yaitu umumnya terdiri dari copy identitas diri, bukti penghasilan/gaji terakhir, surat izin usaha untuk wiraswasta, rekening bank, dan NPWP.

BACA JUGA:5 Syarat Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha agar Cepat Acc

3. Modal Dari Tabungan

Metode yang satu ini mungkin merupakan cara yang paling umum digunakan. Jika kalian memiliki total tabungan yang cukup besar dan tidak digunakan sebagai dana darurat, maka kalian bisa menggunakannya sebagai modal usaha. Yang perlu diingat yaitu kalian harus bisa menggunakannya secara bijak. 

Kategori :