Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit, Belanja Banyak Malah Untung

Kamis 25-07-2024,06:46 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Kartu kredit adalah alat transaksi pembayaran yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk saat ini karena kemudahannya.

Bukan tanpa alasan alat transaksi ini banyak diminati. Karena kartu kredit menawarkan berbagai promo menarik yang membuat belanja makin seru.

Berbeda dengan alat pembayaran yang lain, dengan menggunakan kartu kredit transaksi yang kamu lakukan tidak akan memotong saldo yang dimiliki melainkan dicatat sebagai tagihan yang perlu dibayarkan.

Meskipun demikian, transaksi menggunakan kartu kredit membuatmu bisa melakukan transaksi dengan lebih aman. Ditambah lagi jika menggunakannya dengan cerdas, kartu kredit bisa memberikanmu banyak keuntungan. 

BACA JUGA: Pengajuan Disetujui Cepat, Lakukan 10 Tips Lolos Pengajuan Kartu Kredit Dibawah ini

Nah, disini akan membagikan tips cerdas menggunakan kartu kredit supaya untung. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

7 tips cerdas menggunakan kartu kredit

1. Kumpulkan Poin dari Setiap Transaksi

Yang pertama, salah satu keunggulan yang umumnya ada pada kartu kredit, yaitu setiap transaksi yang dilakukan akan mendapatkan poin penghargaan. Dengan kamu mengumpulkan poin penghargaan dari transaksi yang dilakukan, kamu bisa memanfaatkan poin-poin tersebut.

Apabila kamu ingin mendapatkan poin berjumlah besar, maka kamu bisa mencoba berbelanja di toko atau pusat perbelanjaan yang memang bekerja sama dengan pihak bank yang menerbitkan kartu kreditmu.

BACA JUGA: Begini Cara Pengajuan Kartu Kredit Mandiri dan Persyaratannya

2. Melakukan Transaksi Besar

Berikutnya kamu bisa merasakan keuntungan dari penggunaan kartu kredit yaitu dengan bisa melakukan transaksi alat pembayaran ini untuk nominal yang besar.

Menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi pembayaran dengan nominal besar tidak hanya mempermudahmu namun juga bisa memberikanmu poin penghargaan.

Sementara jika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar transaksi dengan nominal yang kecil dan berkali-kali, kebanyakan orang cenderung akan lupa yang mengakibatkan limit belanjanya bisa saja habis tanpa disadari.

Apabila ini terjadi, maka akan ada kemungkinan tagihan kartu kreditmu akan membengkak. 

BACA JUGA: 10 Cara Jitu Menghindari Utang Kartu Kredit

3. Gunakan Poin Sesuai Kebutuhan

Ketiga, poin penghargaan yang didapatkan dari setiap transaksi menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa memanfaatkan poin tersebut.

Mengumpulkan poin penghargaan hingga mencapai angka tertentu nantinya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan cashback, diskon, maupun frequent flyer miles dan juga loyalitas hotel.

4. Manfaatkan Tawaran Diskon

Keempat, transaksi menggunakan kartu kredit juga akan terasa menguntungkan jika bisa mendapatkan diskon. Kesempatan potongan harga ini umumnya akan didapatkan dari toko maupun tempat kamu melakukan transaksi yang memang bekerja sama dengan pihak bank yang menerbitkan kartu kreditmu.

BACA JUGA: Ketahui Aturan Penagihan Kartu Kredit, Laporkan Jika Melenceng Jauh dari Peraturan

5. Membayar Cicilan Tepat Waktu

Selanjutnya, berbeda dengan kartu debit yang akan langsung memotong saldo yang kamu miliki, setiap kali kamu menggunakan kartu kredit, tagihan kamu akan bertambah dan harus dibayarkan per bulannya.

Agar bisa terus menggunakan kartu kredit dan merasakan keuntungannya, maka kamu perlu membayarkan cicilan tagihan dengan tepat waktu.

Dengan membayarkan tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo, kamu akan terhindar dari kerugian berupa pembayaran denda. Tidak hanya itu, penting juga untuk kamu membayarkan cicilan secara lunas per bulannya.

6. Menghindari Transaksi Hingga Overlimit

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hal ini juga perlu diaplikasikan pada penggunaan kartu kredit. Ketika kamu sudah menentukan besaran limit dari kartu kredit, maka sebaiknya kamu tidak menggunakannya lebih dari limit tersebut.

BACA JUGA: Jangan Lagi Salah Pilih dan Terjerat Cicilan, Ini Perbedaan KTA dengan Kartu Kredit

Gunakanlah kartu kredit dengan bijak agar bisa terus merasakan keuntungannya jangan sampai mendapatkan kerugian.

7. Membayar Tagihan

Terakhir, keuntungan lain yang bisa dirasakan dengan menggunakan kartu kredit, yaitu kamu akan diberikan kemudahan untuk membayarkan tagihan yang ada. Beberapa contoh tagihan yang bisa kamu bayar dengan kartu kredit, misalnya listrik, telepon, air, dan lain-lainnya.

Adanya fitur kemudahan ini, kamu tidak perlu lagi bepergian jauh dan menunggu antrian untuk membayarkan tagihan-tagihan milikmu di sebuah ATM. Kamu cukup mendaftarkan tagihan apa saja yang perlu dibayarkan setiap bulannya ke bank yang menerbitkan kartu kreditmu.

Demikian ulasan beberapa tips cerdas menggunakan kartu kredit supaya untung. Sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kamu akan menggunakannya dengan bijak. 

Kategori :