Cara Efektif Menghapus Data Aplikasi Pinjol Permanen

Minggu 21-07-2024,06:35 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol menjadi suatu solusi yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Jika Anda sudah tidak ingin berhubungan dengan aplikasi pinjol, Anda bisa menghapus data di aplikasi pinjol. 

Melakukan pinjaman uang melalui pinjol memang lebih mudah dan praktis, daripada mengajukan ke bank. Dengan pinjol, uang yang dipinjam langsung cair dalam hitungan menit.

namun, untuk mengajukan pinjol memerlukan data pribadi seperti KTP dan foto selfie, dll. Data permanen inilah sangat dikhawatirkan karena bisa disalahgunakan. Belum lagi data kita yang masih tersimpan. 

BACA JUGA: Ketahui 5 Tips Jitu Hapus Data di Aplikasi Pinjol Agar Hilang Permanen

Meskipun sudah melunasi utang, namun di beberapa kasus ada orang yang masih mendapat tagihan. Hal tersebut terjadi karena data permanen saat kita mengajukan pinjol masih dijadikan patokan oleh para penagih. 

Cara efektif menghapus data di aplikasi pinjol:

1. Menghapus Data melalui Aplikasi Pinjol

Buka aplikasi pinjol yang digunakan, lalu cari opsi untuk menghapus atau mereset data pengguna. Biasanya, terdapat menu di pengaturan aplikasi yang memungkinkan untuk menghapus data atau mereset aplikasi secara keseluruhan.

Lakukan langkah ini untuk membersihkan data pribadi yang tersimpan di aplikasi pinjol.

BACA JUGA: Begini 4 Cara Ampuh Hapus Data di Aplikasi Pinjaman Online, Dijamin Hilang Permanen

2. Uninstall Aplikasi Pinjol

Jika tidak memerlukan aplikasi pinjol lagi, cukup uninstall aplikasi tersebut dari perangkat Smartphone. Cara ini akan menghapus semua data yang terkait dengan aplikasi pinjol dari perangkat Anda. 

3. Menghubungi Call Center Pinjol

Hubungi call center atau layanan pelanggan pinjol dan ajukan permintaan untuk menghapus data pribadi Anda dari sistem mereka. Pihak pinjol akan memberikan panduan lebih lanjut atau prosedur yang harus diikuti untuk menghapus data secara efektif. 

BACA JUGA: Data Pribadi Bisa Bocor, Begini Ciri-ciri IMEI Disadap Pinjol yang Jarang Diketahui

4. Menghubungi Otoritas Keuangan

Jika tidak berhasil melalui langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau lembaga pengawas keuangan terkait untuk meminta bantuan dalam menghapus data Anda dari pinjol yang bersangkutan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus data Anda dari aplikasi pinjol dengan efektif dan aman, serta menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi Anda.

Langkah-langkah hapus data pribadi

    Buka aplikasi pinjaman online yang ada di ponsel  Masuk ke pengaturan dan pilih akun  Kemudian pilih hapus informasi pribadi atau tutup akun  Data di aplikasi pinjol pun berhasil dihapus 
BACA JUGA:4 Cara agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dan Data Penting di Hp

Demikian ulasan beberapa cara menghapus data di aplikasi pinjol supaya tidak lagi berhubungan dengan pinjaman online. Namun perlu diketahui bahwa sebelum menghapus data tersebut, Anda sudah melunasi semua utang. Semoga bermanfaat.

Kategori :