6 Cara Pemutihan BI Checking Agar Pengajuan KPR Mudah Diterima

Rabu 17-07-2024,07:50 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BACA JUGA: 5 Cara Pemutihan BI Checking Agar Proses Pengajuan Pinjaman Cepat Diproses

3. Prioritaskan Hutang dengan Bunga Paling Besar

Untuk mengurangi tunggakan, kalian perlu memprioritaskan utang dengan bunga paling besar. Alokasikan sisa gaji kalian terutama untuk pos utang yang satu ini. Jika memungkinkan, langsung lunasi utang tersebut agar kalian bisa fokus melunasi utang yang lain.

4. Benahi Keuangan 

Cara pemutihan BI checking berikutnya yaitu benahi keuangan, kesulitan dalam membayar utang tentunya muncul karena penghasilan yang pas-pasan atau lebih kecil dari utang yang kalian ambil.

Review kembali pos pengeluaran dan pemasukan kalian tiap bulan untuk mencari kemana mayoritas gaji kalian mengalir. Dengan begitu, kalian dapat menentukan pos mana yang perlu ditekan dan langkah apa yang perlu kalian lakukan selanjutnya.

BACA JUGA: Cara Pemutihan BI Checking Supaya Nama Bersih dan Pengajuan Cepat Disetujui

Jika ternyata penghasilan tidak mencukupi untuk membayar semua cicilan tiap bulan, kalian bisa mempertimbangkan opsi mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan mengambil pekerjaan sampingan.

5. Jangan Ambil Hutang Baru

Dalam proses pemutihan BI checking, wajib hukumnya untuk tidak mengambil utang baru. Dengan begitu, kalian tidak menambah beban keuangan kalian. Utang ini termasuk utang kartu kredit dan juga pinjaman lunak dari keluarga atau orang terdekat. 

6. Rinci Semua Hutang yang Dimiliki

Cara pemutihan BI checking yang terakhir yaitu merinci semua hutang kalian yang sedang berjalan. Dengan begitu kalian bisa memprioritaskan mana utang yang perlu kalian lunasi segera.

BACA JUGA: Berapa Lama Durasi Waktu Pemutihan BI Checking? Nah, Inilah Jawabannya

Dengan demikian beberapa informasi mengenai 6 cara pemutihan BI checking agar skor kredit kalian membaik dengan cepat. Mengajukan KPR pun akan jadi lebih mudah jika skor kredit sudah bagus dan kalian tidak lagi berada dalam daftar blacklist. Semoga bermanfaat. 

Kategori :