Dosen Poltek Harber Tegal Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Manajemen

Selasa 16-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Dosen Program Studi D3 Akutansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Hesti Widianti. Meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) melalui penelitiannya berjudul Model Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Konsep Malakah Knowledge Quality: Pendekatan Praktik Manajemen Pengetahuan dan Teori Identitas. 

Desertasi tersebut mengungkapkan bagaimana pengembangan model peningkatan kinerja individu melalui Makalah Knowledge Quality (MKQ). Yang didorong oleh identitas pemegang pengetahuan yang terdiri dari identitas personal (personal identity), identitas peran (role identity) dan identitas sosial (social identity).

BACA JUGA:Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang Minta Pemkab Beri Anggaran yang Cukup untuk BPBD dan Disnaker

Hesti yang mengambil konsentrasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengambil sampel para dosen pada 18 perguruan tinggi di eks Karesidenan Pekalongan.

“Individu itu merupakan pendidik profesional atau juga seorang ilmuwan yang bertugas untuk mengembangkan dan melakukan perluasaan. Terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan melalui proses pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan mutu individu tersebut pasti akan membawa hal positif dan perubahan baik dalam mutu perguruan tinggi,” katanya. 

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Menuju Nol Persen Stunting

Penelitian menghasilkan satu konsep baru, yaitu Malakah Knowledge Quality  (MKQ) yang didefinisikan sebagai kualitas proses perolehan dan proses implementasi pengetahuan. Yang melibatkan aspek kognitif dan afektif individu dilandasi nilai keimanan. 

Ada empat indikator, yaitu kualitas proses perolehan pengetahuan, kualitas proses implementasi pengetahuan, keterikatan kognitif pada proses perolehan dan  implementasi pengetahuan, keterikatan afektif pada proses perolehan dan implementasi pengetahuan. 

BACA JUGA:Remaja di Kaki Gunung Slamet Kabupaten Tegal Diimbau Jauhi Narkoba

“Implikasi MKQ sendiri dapat diwujudkan dalam manajemen di institusi perguruan tinggi pada peningkatkan kualitas dosen dan diimplementasikannya konsep malakah dalam kesehariannya dalam bekerja,” jelas Hesti.

Wakil Direktur Bidang Akademik Heru Nurcahyo menuturkan, salah satu kewajiban profesi bagi seorang dosen yaitu melanjutkan studi ke jenjang akademik yang paling tinggi yaitu S3 atau Doktoral, dengan selesainya studi doktoral diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Politeknik Harapan Bersama. 

BACA JUGA:UPS Tegal Terjunkan 1.138 Mahasiswa ke 103 Desa

"Ke depannya, diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja dalam rangka mencapai jabatan fungsional tertinggi seorang dosen yaitu profesor," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi D3 Akutansi Poltek Harber Yeni Priatnasari merasa bangga atas raihan gelar doktor yang diraih Hesti Widianti. Maka bertambah pula jumlah dosen yang  memiliki gelar doktor. Percepatan studi S3 yang dilakukan oleh dosen Prodi D3 Akutansi merupakan salah satu upaya untuk meraih akreditasi unggul.

Kategori :