Waspada, 5 Tanda-tanda KTP Disalahgunakan Oleh Penipu

Rabu 10-07-2024,21:40 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Ada banyak tanda-tanda KTP disalahgunakan yang perlu anda ketahui, hal ini tentunya untuk menghimbau adanya penipuan yang terjadi dna menimpa anda.

Identitas merupakan hal yang sangat penting dan bersifat privasi, jika hal ini tersebar dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tentunya akan merugikan bagi pemilik identitas. Oleh sebab itu penting untuk anda mengetahui tanda-tanda KTP disalahgunakan.

Dengan mengetahui tanda-tanda KTP disalahgunakan lebih awal tentunya anda dapat melakukan preventif supaya permasalahan ini tidak berkelanjutan.

Berikut ini akan kami beritahu berbagai tanda-tanda KTP disalahgunakan yang wajib anda ketahui, yuk simak terus uraiannya dibawah ini.

BACA JUGA:Segera Lindungi Data Anda, Berikut 5 Cara Hapus Data KTP di Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

 

1. Munculnya Tagihan atau Transaksi yang Tidak Dikenal

Periksa laporan mutasi rekening bank dan tagihan kartu kredit Anda secara berkala. Jika Anda menemukan transaksi mencurigakan atau tagihan atas nama Anda untuk produk atau layanan yang tidak pernah Anda gunakan, kemungkinan identitas Anda telah digunakan untuk pengajuan pinjaman, pembukaan rekening, atau pembelian barang.

2. Penawaran Pinjaman atau Kredit Tanpa Persetujuan

Tanda-tanda KTP disalahgunakan yaitu mendapatkan tawaran pinjaman tanpa persetujuan.

Jika Anda menerima penawaran pinjaman atau kredit tanpa persetujuan Anda, hal ini patut dicurigai. Penipu mungkin menggunakan identitas Anda untuk mengajukan pinjaman online atau kredit tanpa sepengetahuan Anda, dan Anda akan terbebani dengan hutang yang tidak Anda buat.

3. Penagihan oleh Debt Collector

Penerimaan telepon atau pesan penagihan dari debt collector terkait hutang yang tidak Anda ketahui dapat menjadi indikasi penyalahgunaan identitas. Segera hubungi pihak terkait untuk memverifikasi informasi dan melaporkan penipuan.

4. Aktivitas Akun Media Sosial atau Marketplace yang Mencurigakan

Periksa akun media sosial dan marketplace online Anda. Jika Anda menemukan aktivitas mencurigakan seperti postingan penjualan barang atau jasa yang tidak Anda lakukan, perubahan informasi profil, atau penambahan akun baru yang terhubung dengan identitas Anda, segera ubah password dan laporkan kepada platform terkait.

Kategori :