Begini Tips Menghentikan Pinjol Sebar Data, Ketahui Risikonya

Rabu 10-07-2024,17:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Saat ini, ada banyak platform pinjaman online yang tersedia, ada pinjol legal yang sudah resmi OJK dan ada juga pinjol ilegal yang kerap meresahkan. Karena itu, tips menghentikan pinjol sebar data menjadi solusi tepat. 

Meminjam uang di aplikasi pinjaman online (pinjol) memang menggiurkan dengan penawaran langsung cair tanpa ribet. Adanya pinjaman online memang dapat membantu calon debitur mendapatkan uang tambahan atau dana darurat yang dibutuhkan. Namun perlu diketahui terdapat risiko yang harus dihadapi jika meminjam uang di pinjol ilegal. Maka dari itu, perlu ketahui tips menghentikan pinjol sebar data jika kalian terjadi galbay atau macet bayar. 

Namun, seringkali masyarakat tidak menyadari risiko yang terkait dengan penggunaan pinjol tersebut, terutama dalam hal keamanan data pribadi. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui tips menghentikan pinjol sebar data agar data pribadi kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

Lantas, bagaimana tips menghentikan pinjol sebar data ke semua kontak? Ternyata blokir nomor DC tidak cukup cobalah pakai cara OJK berikut ini. 

BACA JUGA:5 Cara Mudah Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

 

Jika teror dari oknum pinjol melalui telepon, pesan singkat di HP, kalian bisa melakukan pelaporan pada laman aduannomor.id.

Selain itu beberapa jurus jitu ini bisa menjadi pilihan jika terjadi teror pinjol sebar data:

  • Jangan berikan informasi pribadi apapun ke oknum pinjol
  • Kumpulkan dan simpan bukti teror pinjol, seperti rekaman suara atau pesan teks
  • Laporkan dan minta perlindungan ke OJK atau satgas waspada investasi.
  • Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan jika kalian ingin menghentikan pinjaman online sebar data pribadi 

    1. Ganti nomor telepon dan email yang digunakan untuk mendaftar di pinjol 

    Tips menghentikan pinjol sebar data yaitu dengan mengganti nomor telepon dan email yang digunakan. Hal ini untuk mencegah kalian mendapat gangguan dari pinjol atau pihak lain yang menggunakan data pribadi kalian.

    BACA JUGA:6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

    Kalian juga bisa menghapus akun media sosial yang dihubungkan dengan pinjol, jika perlu. Jika kalian merasa data pribadi kalian disalahgunakan oleh pinjol atau pihak lain, maka bisa melaporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau kepolisian. Sertakan bukti-bukti yang dimiliki, seperti screenshot, rekaman, atau dokumen. 

    2. Pastikan sudah melunasi semua pinjaman yang diambil dari pinjol 

    Jika masih memiliki tanggungan pinjaman yang belum lunas, selesaikan terlebih dahulu sebelum menghapus data pribadi kalian.

    Kategori :