5 Tips Mengatasi Galbay Pinjol agar Skor Kredit Tetap Baik

Rabu 10-07-2024,11:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik merupakan cara efektif yang bisa Anda coba. Mengingat pentingnya menjaga skor kredit dengan baik, dapat mempermudah nasabah dalam mendapatkan pinjaman dikemudian hari.

Jika Anda kesulitan bayar utang dan tidak ingin masuk ke daftar blacklist BI checking, maka sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini. Artikel ini akan memberikan panduan mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik.

Dengan beberapa cara mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik, Anda tidak perlu khawatir lagi masuk ke blacklist BI checking. Jika memiliki skor kredit yang baik, maka nama Anda bisa diajukan untuk meminjam uang di masa depan.

BACA JUGA:Utang di Pinjol Lunas Skor Kredit Tetap Buruk? Begini Cara Bersihkan BI Checking Paling Benar

Merangkum penjelasan video di kanal YouTube Fintech.ID ada beberapa cara mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik. Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba supaya tidak masuk ke daftar hitam BI checking.

Tips mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik

1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Alasan kenapa skor kredit bisa menjadi buruk dan masuk ke daftar hitam yakni nunggak atau galbay. Karena itu, untuk mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik yakni membayar utang tepat waktu.

Pasalnya jika debitur mengabaikan pembayaran utang, maka pihak perusahaan pinjol akan melaporkan riwayat kredit ke SLIK OJK atau BI checking. Manfaat lain dari membayar tagihan tepat waktu yakni bisa menghindari denda atau bunga tinggi.

BACA JUGA:7 Cara Meningkatkan Skor Kredit, Dijamin Pengajuan Pinjaman Langsung Acc

2. Minta Restrukturisasi Jika Sulit Membayar Utang

Restrukturisasi pinjaman bisa Anda manfaatkan apabila kesulitan untuk melunasi utang. Ketimbang galbay, Anda bisa memanfaatkan fitur keringanan ini untuk menjaga nama dari skor kredit buruk.

Penyedia pinjaman biasanya bersedia memberikan keringanan seperti perpanjang tenor atau penurunan bunga. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan keringanan supaya tidak terkena dampak negatif pada skor kredit.

3. Hubungi Penyedia Pinjol

Tak hanya restrukturisasi pinjaman saja, nasabah yang sulit melunasi utang sebaiknya hubungi penyedia pinjaman. Cara ini efektif untuk mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik dan terhindar dari daftar hitam.

Kategori :