Dinas Porapar Kabupaten Tegal Dukung Pengembangan Paket Wisata Dukuh Cipero

Selasa 09-07-2024,12:22 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Dukungan penuh dilakukan Dinas Popapar Kabupaten Teal atas inisiatif dibentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)  di Dukuh Cipero, Desa Kedungjati, Kecamaan Warureja. Pembentukan  pokdarwis  ini sekaligus sebagai pintu awal pembuatan paket wisata di Dukuh Cipero.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni menyatakan, ke depan, di Dukuh Cipero akan dikembangkan dan dioptimalkan  terkait keberadaan buddaya lokal, kuliner, camping hinngga tur Gunung Gajah hingga ke bendungan. 

"Dengan terbentuknya pokdarwis, akan memudahkan bimbingan untuk membuat paket wisata di area tersebut," ujarnya, Selasa (9/7/2024).

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Adakan Apem Slawi

Momentum malam 1 muharam atau Suro di tengah tasyakuran yang digelar di pedukuhan tersebut. Turut diikuti deklarasi pendirian pokdarwis dan menjadikan Dukuh Cipero sebagai destinasi wisata di Kabupaten Tegal.  

Nantinya, akan diprospek paket wisata tur sepeda dengan menginap di homestay rumah kayu yangg ada di lokasi pedukuhan.  Wisatawan juga akan disuguhi kesenian dan kuliner lokal.

BACA JUGA:PDIP Silaturahmi dan Komunikasi Politik ke Partai Golkar Kabupaten Pemalang

"Setelah bermalam, keesokan harinya wisatawan diarahkan jalan-jalan ke  Gunung Gajah," ungkapnya. 

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H,  pokdarwis Cipero bersama tokoh masyarakat sempat mengundang pihaknya untuk penguatan kelembagaan dan pengembangan wisata lainnya di  pedukuhan tersebut.

Pengembangan potensi pariwisata di sebuah desa tidak lepas dari sebuah gerakan sadar wisata yang dilakukan oleh lembaga atau kelompok yang dikenal dengan nama pokdarwis.

BACA JUGA:Masuk Bursa sebagai Calon Gubernur, Begini Respon Kapolda Jateng

"Pembentukan Pokdarwis merupakan amanah dari Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan," tegasnya. 

Dimanna salah satu tujuan kegiatan kepariwisataan adalah untuk meningkatkan pertumbuuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (adv)

Kategori :