Cara Cek Ponsel Dilacak Pinjol Ilegal atau Tidak dan Cara Mengatasinya

Selasa 09-07-2024,13:15 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Maraknya penyebaran platfrom pinjaman ilegal seringkali ditemukan adanya pelacakan lokasi hanya melalui ponsel pengguna. Untuk Anda yang terlanjur menggunakan atau ingin terhindar, bisa lakukan cara cek ponsel terlacak pinjol ilegal atau tidak.

Penting bagi Anda yang galbay di pinjaman ilegal mengetahui cara cek ponsel terlacak pinjol ilegal. Pasalnya jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka bisa beresiko menimbulkan kerugian.

Artikel ini akan membahas cara cek ponsel terlacak pinjol ilegal berdasarkan sumber video kanal YouTube Fintech.ID. Tak hanya itu, saja kami akan memberikan cara mengatasinya supaya Anda aman dari teror atau kerugian lainnya.

BACA JUGA:Marak Pencurian Data, Begini Solusi Agar HP Tidak Sadap DC Pinjol Jika Mengalami Galbay

Apakah pinjol ilegal bisa melacak lokasi debitur? Jawabanya, bisa. Platfrom pinjol yang tidak diawasi oleh OJK bisa saja menyalahgunakan data saat debitur mengajukan pinjaman.

Bahkan tak hanya lokasi keberadaan debitur saja, informasi pribadi juga bisa saja disadap. Data-data tersebut nantinya digunakan untuk teror atau ancaman kepada debitur yang galbay atau nunggak pembayaran utang.

Lantas bagaimana cara mengetahui pinjol ilegal melacak lokasi debitur? Berikut tanda-tanda yang penting diwaspadai, antara lain:

BACA JUGA:Tips Blokir Akses Perizinan Pinjol Ilegal Agar Bebas Gangguan saat Galbay

  • Pinjol Meminta Akses Perizinan Lokasi: Cara cek  ponsel terlacak pinjol ilegal pertama, yakni Anda bisa menonaktifkan akses perizinan lokasi. Anda bisa memperhatikan apakah akses tersebut benar-benar diperlukan atau tidak, jika tidak segera nonaktifkan.
  • Notifikasi Mencurigakan: Apabila ada notifikasi dari aplikasi pinjol mengenai keberadaan lokasi secara real time penting diwaspadai. Pasalnya hal ini bisa saja menjadi penyadapan lokasi di ponsel Anda.

Itulah tanda dan cara cek supaya Anda bisa mengetahui apakah lokasi sedang dilacak atau tidak. Untuk mengatasi lokasi agar aman dari pelacakan pinjol ilegal maka segera lakukan beberapa cara berikut ini:

1. Gunakan Aplikasi Antivirus dan Anti Malware

Cara cek ponsel terlacak pinjol ilegal yaitu Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus atau anti malware. Cara ini bisa melindungi perangkat Anda dari malware yang bisa mencuri data atau lokasi.

BACA JUGA:Terbongkar, Ini Jadwal Kedatangan DC Pinjol Shopee Paylater ke Rumah Nasabah Galbay

2. Laporkan ke Oritas Jasa Keuangan (OJK)

Apabila pinjol ilegal sudah melacak keberadaan Anda, maka segera laporkan ke OJK. Untuk melaporkan ke OJK hubungi melalui website https://konsumen.ojk.go.id/formpengaduan atau hubungi call center 1500 630.

3. Jangan Sembarangan Memberikan Akses Data

Kategori :