Penting Ketahui, Begini 8 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data yang Paling Ampuh

Jumat 05-07-2024,19:16 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Cara agar pinjol tidak sebar data dengan menolak akses aplikasi. Seperti diketahui, pinjaman online hanya bisa diakses secara online melalui ponsel.

Guna menghindari risiko tersebut, kalian perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi pada ponsel. Pemutusan akses dapat mencegah pinjol mengintip data pribadimu yang tersebar dalam ponsel. 

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Mengatasi Pinjol yang Berani Sebar Data agar Tidak Disalahgunakan

5. Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK 

Selain ke polisi, juga bisa membuat pengaduan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Caranya cukup mudah, hanya dapat menghubungi OJK lewat WhatsApp di 081-157-157-157 atau kontak resmi OJK di nomor 157.

Tidak hanya itu, kalian bisa mengirimkan e-mail ke Satgas Waspada Investasi dengan alamat surel waspadainvestasi@ojk.go.id. Jika terbukti melakukan tindak kejahatan, aplikasi pinjol akan segera diblokir oleh OJK. Melalui Satgas Waspada Investasi, OJK telah berhasil memblokir 5.000 entitas pinjol ilegal.

6. Lakukan Pembayaran Pinjaman Tepat Waktu

Fintech ilegal umumnya menjalankan aksi teror dan ancaman karena peminjam tidak melakukan pengembalian pinjaman sesuai ketentuan jatuh tempo. Karena itu, membayar cicilan secara tepat waktu menjadi cara agar data tetap aman.

7. Ajukan Pinjaman pada Pinjol Terdaftar OJK

Pinjaman online terpercaya akan terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas.

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol yang Tidak Sebar Data Pribadi, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik Kebocoran Data

Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjol ilegal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi. Alhasil, peluang datamu diretas oleh pinjol resmi juga sangat kecil. Bunga dan biaya pinjaman yang diterapkan pinjol resmi pun sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

8. Buat Kesepakatan

Untuk menghindari penyebaran data oleh pihak pinjol, kalian bisa membuat kesepakatan dengan pihak pinjol mengenai cara penagihan yang boleh maupun tidak boleh dilakukan.

Jika telah disepakati, kalian dan pihak pinjol harus membuat surat perjanjian supaya tidak terjadi masalah di masa mendatang.

Itulah beberapa informasi seputar cara agar pinjol tidak sebar data yang bisa kalian lakukan untuk menghindari penyebaran dan penyalahgunaan data diri. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :