7 Tips Mengamankan Kontak WhatsApp dari Pinjol agar Tidak Disebar dan Disalahgunakan

Minggu 16-06-2024,15:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Saat menginstal aplikasi pinjaman online, maka kalian mungkin perlu untuk memberikan izin akses ke kontak kalian. Jika kallian merasa tidak nyaman dengan permintaan ini, pertimbangkan untuk menolaknya. Ini akan mencegah aplikasi pinjaman online mengakses dan mengumpulkan daftar kontak kalian. 

5. Laporkan Spam dan Penyalahgunaan

WhatsApp (WA) memiliki fitur pelaporan yang memungkinkan kalian untuk melaporkan pesan dan pengguna yang mencurigakan atau mengganggu. Jika kalian menerima pesan spam dari pinjaman online, khususnya pinjol ilegal, maka segera laporkan ke OJK. 

6. Periksa Pengaturan Privasi WhatsApp (WA)

Tips mengamankan kontak WhatsApp (WA) dari pinjol berikutnya yaitu periksa pengaturan privasi WA. WhatsApp memiliki pengaturan privasi yang memungkinkan kalian untuk mengendalikan siapa yang bisa melihat informasi kontak kalian.

Kalian bisa memilih untuk hanya membagikan informasi kontak dengan orang-orang yang kalian pilih. Juga, dapat membatasi akses ke pihak tertentu untuk menghindari spam dari pinjaman online.

BACA JUGA:7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

7. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah WA

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp. Hal ini merupakan lapisan keamanan tambahan yang akan menjaga akun kalian tetap aman.

Dengan verifikasi dua langkah, maka kalian harus memasukkan PIN khusus yang hanya kalian yang tahu setiap kali mencoba memverifikasi nomor WA / WhatsApp. 

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips mengamankan kontak WhatsApp (WA) dari pinjaman online yang bisa kalian lakukan. Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, kalian bisa membantu menjaga privasi kalian di WhatsApp dan mencegah akses tidak sah ke kontak kalian dari aplikasi pinjaman online yang mungkin kurang dapat dipercaya. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :