Begini 6 Cara Pemutihan BI Checking agar Pengajuan KPR Disetujui

Sabtu 15-06-2024,16:55 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

4. Bayar dengan Tepat Waktu 

Satu hal yang sering disepelekan ketika membayar cicilan yaitu tidak membayarnya tepat waktu. Padahal keterlambatan membayar cicilan bisa menimbulkan denda atau penalti dan mempengaruhi skor kredit kalian.

Karena itu, pastikan untuk mencatat dan merencanakan waktu pembayaran cicilan utang. Jika kalian membayar pinjaman tepat waktu, maka bank juga akan mencatat bahwa skor pembayaran kalian sudah baik. Ini akan membantu dalam memperbaiki skor kredit.

5. Pantau Terus Skor Kredit 

Jika utang sudah berkurang dan pembayaran sudah tepat waktu, maka seharusnya bank akan memperbarui data ini dalam SLIK. Untuk memastikan bahwa bank melakukan hal tersebut, kalian perlu memantau perkembangan skor kredit kalian. Jika belum terlihat perbaikan skor, maka kalian bisa mengajukan komplain kepada bank dan menunjukkan bukti pembayaran pinjaman.

BACA JUGA:3 Cara Pemutihan BI Checking agar Proses Pengajuan Mudah di Acc

6. Prioritaskan Pelunasan Utang yang Memiliki Bunga Besar

Untuk mengurangi tunggakan, kalian perlu memprioritaskan utang dengan bunga paling besar. Sisihkan sisa gaji kalian terutama untuk melunasi utang dengan bunga besar. Jika memungkinkan, langsung lunasi utang tersebut agar bisa fokus melunasi utang yang lain.

Mengenal Skor Kredit

Sebelum itu kalian harus mengetahui apa itu skor kredit. Skor kredit merupakan sistem penilaian dari perbankan yang mencerminkan kualitas kredit kita. Ketika kita mengajukan KPR atau kredit apapun dari bank, bank tersebut akan mengecek skor kredit kita yang terdapat di Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Demikian beberapa informasi mengenai cara pemutihan BI checking agar pengajuan KPR disetujui yang bisa kalian lakukan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :