3 Cara Pemutihan BI Checking agar Proses Pengajuan Mudah di Acc

3 Cara Pemutihan BI Checking agar Proses Pengajuan Mudah di Acc

cara pemutihan bi checking --foto gethome

DISWAY JATENG - Bagi kalian yang mempunyai riwayat kredit buruk dan sulit untuk mengajukan pinjaman di Bank atau Fintech? Tenang saja, kini ada beberapa cara pemutihan BI Checking yang bisa kalian lakukan untuk mengajukan pinjaman. 

Pemutihan BI Checking dilakukan untuk mengeluarkan nama nasabah dari daftar hitam. Tanpa adanya pemutihan, nasabah dalam daftar blacklist tidak bisa mengajukan kredit karena riwayat BI Checking yang buruk. Namun, perlu kalian ketahui cara pemutihan BI Checking tanpa khawatir terjadinya penolakan. 

Syarat pengecekan BI Checking kini memang perlu dilakukan pada saat sebelum mengajukan pinjaman. Karena itu, kalian bisa melakukan cara pemutihan BI Checking supaya pengajuan pinjaman mudah disetujui.

Lantas, bagaimana cara pemutihan BI Checking? Dibawah ini sudah kami rangkum ada beberapa langkah tepat yang bisa kalian lakukan supaya bisa menghilangkan daftar hitam yang sudah ada. 

BACA JUGA:5 Cara Pemutihan BI Checking Agar Proses Pengajuan Pinjaman Cepat Diproses

Cara Pemutihan BI Checking

Skor BI checking yang buruk bisa mengganggu kalian saat akan mengajukan kredit. Namun, beberapa cara pemutihan BI checking berikut ini bisa kalian lakukan agar status kredit kembali baik, yuk simak sebagai berikut :

1. Melunasi Tunggakan Angsuran Kredit

Sebelum mengajukan kredit, pastikan untuk tidak memiliki tunggakan angsuran pinjaman lainnya. Cara pemutihan BI checking ini wajib dilakukan, karena jika skor kalian masih buruk, maka pengajuan kredit tidak akan mendapat persetujuan dari bank.

2. Memantau BI checking

Setelah kalian melunasi semua tanggungan kredit, pantau terus perkembangan BI Checking. Perhatikan apakah skor kalian mengalami perubahan, jika tidak, kalian bisa komplain ke bank yang bersangkutan.

3. Mengirimkan Surat Klarifikasi

Cara lainnya yaitu membuat surat klarifikasi dari pihak bank tempat kalian mengajukan kredit. Kemudian, konfirmasikan ke OJK bahwa kalian sudah melunaskan kewajiban hutangnya. Tunggu beberapa waktu hingga pihak OJK mengabarkan bahwa riwayat BI Checking kalian telah bersih.

BACA JUGA:3 Cara Pemutihan BI Checking Paling Efektif Jika Terlanjur Galbay Pinjol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: