Pemkot Tegal Gelar Upacara dan Pencanangan Bendera Merah Putih

Selasa 04-06-2024,09:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Pemkot Tegal menggelar upacara. Diikuti forkopimda, Sekretaris Daerah Agus Dwi Sulistyantono, kepala OPD. Camat dan lurah serta unsur TNI/Polri, Korpri, PGRI, Organisasi Masyarakat (Ormas), pramuka, mahasiswa dan pelajar.

Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri bertindak sebagai inspektur upacara membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

BACA JUGA:Berulah, Residivis Diringkus Jajaran Polsek Lebaksiu Polres Tegal

Dadang menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'. Tema itu mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa. Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya. Menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," ujarnya.

BACA JUGA:Anggaran KONI Kabupaten Tegal Rp1,1 Miliar, Dibagi untuk 24 Cabang Olahraga

Lebih lanjut, keberadaan pancasila menurut Kepala BPIP merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada. Untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat. Berbangsa, dan bernegara," ujar Kepala BPIP dalam pidatonya.

 

Kategori :