6 Tips Menghadapi DC Lapangan dengan Tepat, Kuncinya Hadapi dengan Tenang

Rabu 29-05-2024,21:19 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG- Debt collector merupakan petugas penagih hutang yang siap mengunjungi rumah debitur yang mengalami gagal bayar, nah berikut ini akan kami beritahu tips menghadapi DC lapangan. 

Tips menghadapi DC lapangan ini wajib anda ketahui khususnya untuk orang yang memiliki angsuran pinjaman, karena gagal bayar menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam dunia perpinjaman.

Terdapat beberapa alasan debitur mengalami galbay misalnya penghasilan yang terlalu kecil jika dibandingkan dengan pinjaman, tips menghadapi DC lapangan ini dapat anda lakukan dengan mudah.

Dibawah ini akan kami beritahu berbagai tips menghadapi DC lapangan, simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol Bunga Rendah Terbaru 2024, Simak Caranya Dibawah

1. Pastikan Bukti Teror

Tips menghadapi DC lapangan mengumpulkan berbagai bukti dari peneroran.

Jika anda merasa terintimidasi maupun mendapatkan ancaman dari pihak debt collector, anda wajib mengumpulkan bukti terlebih dahulu dan menyimpannya dengan baik.

Sehingga ketika anda ingin melaporkannya pada pihak berwajib atau OJK, anda memiliki bukti yang cukup kuat.

2. Verifikasi Identitas Petugas

Ketika anda didatangi oleh debt collector langkah awal yang harus anda lakukan yakni dengan menanyakan identitas dari debt collector, hal ini untuk memastikan adanya penipuan yang mengatasnamakan dari aplikasi pinjaman.

Anda dapat menanyakan nama, perusahaan, hingga nomor telepon dari debt collector yang menagih hutang ke anda entar melalui media komunikasi atau yang berkunjung ke rumah.

3. Jangan Panik dan Tetap Tenang

Ketika anda didatangi oleh debt collector pastikan anda bersikap biasa saja dan jangan menunjukan kepanikan anda, biasanya pihak pinjaman online ilegal akan melakukan penagihan dengan cara yang tidak mengikuti aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni dengan mengintimidai dan memberikan ancaman.

Jika anda mendapatkan penagihan dengan cara seperti itu langkah awal yang harus dilakukan adalah harus tenang serta anda dapat melakukan pelaporan pada OJK.

Kategori :