6 Cara Menghindari Utang Pinjol agar Tidak Terjadi Galbay

Minggu 26-05-2024,10:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

Selain menghitung anggaran, pastika juga Anda menerapkan gaya hidup yang tidak boros. Seperti mengurangi pengeluaran, hemat, menyisihkan pendapatan untuk bayar utang, dan lainnya.

4. Ketahui Risiko Jika Galbay di Pinjol

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, apabila nekat galbay di pinjol hanya akan menimbulkan berbagai kerugian. Nasabah galbay perlu tahu cara menghindari utang pinjol dengan mengetahui risiko bahaya galbay.

Risiko bahaya galbay paling sering dialami nasabah, yakni terkena bunga tinggi, denda, berurusan dengan DC, dan lainnya. Beberapa risiko tersebut perlu diperhatikan supaya Anda tidak nekat gagal bayar atau tidak melunasi utang.

5. Prioritaskan untuk Melunasi Utang Tepat Waktu

Agar peminjam bisa cepat selesai dengan urusan utang pinjol, tentu saja harus memprioritaskan pelunasan utang. Dengan membayar utang tepat waktu, Anda bisa lepas dari denda atau bunga yang dikenakan.

Selain itu, pada poin kelima ini penting diperhatikan karena jika diabaikan hanya akan menimbulkan galbay. Membayar utang sesuai tanggal jatuh tempo juga bisa menghindari nasabah berurusan dengan DC lapangan.

6. Mencari Bantuan Apabila Kesulitan Bayar Utang

Terakhir, jika dirasa saat ini Anda sulit untuk melunasi utang segera cari bantuan. Anda bisa mencari konselor keuangan atau mengajukan keringanan kepada penyedia pinjol.

Demikian ulasan lengkap tentang cara menghindari utang pinjol supaya aman dari risiko terjadinya galbay. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :