6 Cara Menghindari Utang Pinjol agar Tidak Terjadi Galbay

Minggu 26-05-2024,10:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Pinjaman online memang menawarkan kemudahan dalam memberikan dana darurat. Namun sebelum Anda mengajukan pinjaman pahami cara menghindari utang pinjol supaya tidak gagal bayar atau galbay.

Meski pinjol menawarkan kemudahan, ada saja nasabah galbay karena minimnya pengetahuan edukasi keuangan. Cara menghindari utang pinjol bisa jadi solusi efektif untuk mencegah terjadinya penumpukan utang.

Cara menghindari utang pinjol perlu diketahui, khususnya anak mudah yang saat ini mengandalkan pinjol untuk mendapatkan pinjaman uang. Apabila Anda nekat galbay hanya akan menimbulkan berbagai risiko merugikan, seperti utang menumpuk dan lainnya.

BACA JUGA:Tips Minta Keringanan Utang Pinjol, Jangan Abaikan 10 Poin Penting ini

Walaupun pinjol mudah dan cepat untuk mendapatkan pinjaman uang, risiko galbay perlu diwaspadai. Sebelum mengajukan, pastikan Anda tahu cara menghindari utang pinjol supaya aman dari galbay.

Di bawah ini ada beberapa solusi efektif yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan pengajuan pinjaman. Simak beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya galbay, berikut ini:

1. Ajukan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Cara menghindari utang pinjol pertama, yaitu dengan mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan yang diperlukan. Hal ini bertujuan supaya nasabah hanya meminjam untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan penting saja.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga atau Denda, Cuma Bayar Tagihan Pokok Langsung Lunas

2. Hitung Kemampuan Membayar Utang

Supaya aman dari telat atau nunggak membayar utang, Anda bisa membuat perhitungan pembayaran utang sebelum mengajukan pinjaman. Trik yang bisa dicoba yaitu, pastikan cicilan pinjaman tidak melebihi 30% dari pendapatan Anda.

3. Kelola Anggaran Keuangan untuk Melunasi Utang

Cara menghindari utang pinjol agar nasabah tidak galbay paling penting yakni mengelola anggaran. Caranya yaitu dengan menghitung pendapatan dan pengeluaran per bulan dan sisihkan uang untuk melunasi utang.

Langkah ini merupakan cara efektif supaya Anda tidak telat atau nunggak bayar utang. Pasalnya dengan anggaran keuangan yang tidak baik, maka peminjam bisa saja sulit untuk membayar utang.

BACA JUGA:Langkah dan Strategi Cara Cepat Melunasi Utang Pinjol Supaya Tagihan Tidak Menumpuk

Kategori :