Tips Menghentikan Pinjol illegal Menyebar Data Pribadi Setelah Pendaftaran

Sabtu 25-05-2024,15:45 WIB
Reporter : Raihan Tri Mulyo
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG- Dampak penggunaan pinjol ilegal sangat menakutkan. Salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah Pinjol illegal mnyebar data pribadi. Hal itu sangat mengerikan.

Lantas, bagaimana cara menghentikan Pinjol ilegal menyebar data pribadi? Jika Anda sudah terjerat pinjaman ilegal, Anda bisa mengalami teror dari debt collector atau penagih utang. Biasanya, penagih utang akan mengunjungi rumah peminjam dengan perilaku yang tidak pantas dan memberikan ancaman.

Ancaman yang diberikan oleh Pinjol ilegal menyebar data pribadi anda. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih pinjaman online agar tidak terjebak dengan pinjol ilegal. Pastikan pinjaman yang Anda pilih legal dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Berikut ini adalah cara-cara untuk menghentikan Pinjol ilegal menyebar data pribadi anda ke publik. Ikuti langkah-langkah ini dengan baik!

BACA JUGA:Jangan Panik! Ini dia 4 Cara Efektif Jika Terlanjur Galbay di Pinjol ilegal

1.Menutup atau blokir Akses ke Data Pribada

Langkah pertama untuk menghindari pinjol menyebar data pribadi adalah Jika Anda sudah terlanjur menggunakan layanan pinjol ilegal, segera hentikan penggunaan aplikasi tersebut dan hapus aplikasinya dari perangkat Anda.

Periksa pengaturan privasi di ponsel Anda dan cabut izin aplikasi pinjaman ilegal untuk mengakses data pribadi, seperti kontak, galeri, dan lokasi.

Langkah ini akan membantu mencegah aplikasi mengambil informasi lebih lanjut. Pinjaman ilegal sering kali meretas informasi pribadi peminjam melalui ponsel yang digunakan, dan ini biasa terjadi dalam proses penagihan.

Oleh karena itu, disarankan untuk memblokir dan menonaktifkan izin aplikasi pinjaman ilegal untuk menghentikan penyebaran data pribadi Anda.

BACA JUGA:7 Tips Jitu Keluar dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif Lunasi Hutang Terbaru 2024

2.Segera Lapor ke OJK

Segera laporkan pinjaman online ilegal kepada OJK, yang memiliki wewenang untuk menindak pinjaman ilegal dan melindungi konsumen. Anda dapat melaporkan melalui situs resmi OJK atau menghubungi layanan konsumen mereka. 

OJK dapat mengambil langkah-langkah untuk menghentikan operasi pinjaman ilegal dan memberikan perlindungan bagi para peminjam yang terjebak. 

Melaporkan pinjaman ilegal ke OJK membantu memastikan tindakan diambil terhadap praktik tidak sah ini, dan memberi Anda dukungan dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Dengan melibatkan OJK, Anda juga membantu mencegah orang lain menjadi korban pinjaman ilegal.

Kategori :