Cara Melunasi Utang Pinjol dan Tips Minta Keringanan Pembayaran Kepada Debt Collector

Jumat 08-03-2024,06:15 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Jangan ragu untuk melakukan permohonan keringanan pelunasan hutang pinjaman online. Pihak pinjol memungkinkan untuk negosiasi mengenai suku bunga atau jadwal pembayaran

Cara melunasi utang pinjol dengan meminta keringanan bisa dilakukan mungkin hanya 1 kali saja. Langkah ini juga diperlukan dengan alasan yang tepat supaya pihak pinjol percaya.

Cara negosiasi dengan DC atau pihak pinjol

Tips lunasi utang pinjaman online dapat kamu lakukan dengan melakukan negosiasi antara debitur atau DC lapangan. Berikut cara-caranya:

BACA JUGA: Tak Cuma di Pulau Jawa, ini Daerah Jangkauan DC Lapangan Pinjol Kredivo

  • Apabila kamu mengalami kesulitas membayar, kamu dapat menghubungi pihak pinjol secara langsung. Tujuannya agar pembayaran yang akan kamu lakukan tidak dipersulit, atau tidak harus menunggu jatuh tempo.
  • Sebagai peminjam yang kesulitan membayar utang, kamu dapat menjelaskan secara jujur tentang kondisi keadaan finansialmu. Pastikan kamu memberikan keterangan lebih jelas mengapa kesulitan membayar.
  • Minta kepada pihak pinjol untuk memberikan keringanan atau membebaskan biaya keterlambatan yang mungkin telah ditambahkan pada tagihan. Beberapa pemberi pinjaman bersedia melakukan ini sebagai langkah keringanan.
  • Apabila negosiasi kepada pihak pinjol atau DC tidak membuahkan hasil, pertimbangkan  untuk melibatkan lembaga penasehat kredit atau hukum. Tujuannya untuk memberikan panduan dan jalan keluar hutang lebih lanjut.

BACA JUGA: Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Itulah beberapa langkah cerdas yang dapat dicoba untuk menyelesaikan beban utang pinjaman online yang tak kunjung selesai. Demikian cara melunasi utang pinjol dan langkah negosiasi dengan debt collector supaya diberi keringanan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :