Terjerat Pinjol? Begini Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk Terbaru 2024

Minggu 25-02-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

BACA JUGA:Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas, Aman dan Efektif

Jika kalian bertanya, berapa lama utang pinjol dihapuskan, jawabannya adalah tahunan. Data pinjaman kalian akan tetap terekam di data pinjol selama kurang lebih 5 tahun ke belakang. Karena itu, jika kalian berniat dan berkomitmen untuk melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk, maka lebih cepat artinya akan lebih baik.

4. Kumpulkan Dana Pembayaran Utang

Cara efektif melunasi utang pinjol selanjutnya adalah sisihkan setiap pendapatan yang kalian dapat. Perlahan tentunya uang tersebut akan terkumpul dan mencapai jumlah yang dibutuhkan untuk dapat melunasi utang pinjol kalian.

Kuncinya adalah komitmen dan disiplin. Komitmen untuk menyisihkan secara rutin dengan nominal yang sudah dihitung tentunya. Disiplin untuk menyisihkan, menyimpan, dan tidak menggunakan dana pembayaran utang tersebut. Selanjutnya adalah konsisten dengan hal ini.

5. Ceritakan Pada Keluarga 

Keterbukaan dengan keluarga juga merupakan hal yang penting. Dengan bercerita pada mereka, paling tidak beban mental kalian dapat teringankan. Bisa saja keluarga kalian mengerti keadaannya dan menawarkan bantuan.

Perlu diingat ya, bantuan bisa saja berupa bantuan finansial maupun bantuan dukungan untuk membangun mental dan kepercayaan diri kalian jika keluarga bisa memberikan satu atau kedua bantuan ini, kalian bisa menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk segera dapat melunasi semua utang.

BACA JUGA:Cara Jitu Lepas dari Beban Hutang Pinjol Tanpa Nyicil, Salah Satunya Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

6. Ambil Hikmahnya

Apabila akhirnya kalian dapat melunasi utang pinjol dengan kerja keras kalian, sebaiknya kalian ambil pelajaran dan pengalaman tersebut. Pinjol sebenarnya hadir dengan tujuan yang positif, namun akan berakhir negatif apabila kita tidak menggunakannya dengan bijak.

Kita lah yang menjadi penentunya, apakah aliran dana segar dari pinjol ini dapat membantu kondisi finansial kita ataukah sebaliknya justru menjadi boomerang. Jika kalian rasa belum bisa menahan diri dari keinginan untuk mengajukan pinjaman pinjol lagi, sebaiknya kalian hapus semua aplikasi pinjol yang ada di handphone kalian.

Demikian beberapa informasi mengenai cara untuk melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk yang menjerat kalian dan harus diwaspadai, jangan sampai galbay. Pada akhirnya, yang harus kita tingkatkan adalah kebijaksanaan dalam mengatur keuangan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :