4 Ciri DC Lapangan Datang ke Rumah! Aman dan Tanpa Ancaman!

Sabtu 24-02-2024,02:00 WIB
Reporter : Zahra Marsa Nabila
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG -  4 Ciri DC Lapangan Datang ke Rumah! Aman dan Tanpa Ancaman! Pinjol merupakan hal yang sering dilakukan untuk peminjaman dana. Namun ada hal yang ditakuti yaitu DC atau Debt Collector.

Debt Collector atau DC lapangan datang ke rumah merupakan hal yang menjadi ketakutan sendiri bagi peminjam. Dengan datangnya DC tentunya akan ditagih karena sudah telat membayar.

Namun ada masa dimana Anda sebagai peminjam atau nasabah belum bisa membayar. Tentunya DC lapangan datang ke rumah menjadi satu ancaman dari pinjaman yang harus dihindari.

DC lapangan datang ke rumah tentunya akan melakukan penagihan dengan baik, tidak akan melakukan kekerasan. Karena sudah terdapat peraturan yang mengatur tentang penagihan utang pada nasabah.

BACA JUGA: 4 Cara Mencegah Pinjol Ilegal Sebar Data, Lakukan Segera Supaya Identitas Pribadi Aman

Ciri-ciri DC lapangan yang datang ke rumah dan tips mengatasinya

1. Tidak Menunjukkan Surat Tugas melalui Email

Ciri DC lapangan datang ke rumah yang pertama adalah tidak menunjukkan surat tugas melalui email. Surat tugas merupakan bukti yang dibawa oleh DC saat melakukan proses penagihan utang.

Surat ini menunjukkan bahwa DC tersebut berasal dari tempat Anda mengajukan pinjaman serta sebagai bukti bahwa DC tersebut resmi. Namun jika DC tidak dapat menunjukkan surat harap berhati-hati.

Apalagi jika DC menunjukkan surat tugas melalui email, karena bisa jadi itu bohong. Apalagi jika menunjukkan surat tugas melalui chat, dapat dipastikan penagihan yang dilakukan DC adalah penipuan.

Nasabah yang mengalami DC yang tidak dapat menunjukkan surat tugas maupun menunjukkannya melalui chat wajib berhati-hati. Karena hal ini bisa jadi modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Pinjol Legal OJK dan Tips Aman Pengajuan Pinjamannya

2. Konfirmasi pada nasabah

Ciri DC lapangan datang ke rumah berikutnya adalah mengkonfirmasi pada nasabah. Hal ini untuk memastikan Anda belum melakukan pembayaran selama 3 bulan.

Ini bertujuan sebagai peringatan pada nasabah untuk melakukan pembayaran pinjaman yang dilakukan. Namun setelah dilakukan konfirmasi oleh DC segerakan melakukan pembayaran pinjaman.

Namun DC akan berhenti menagih dan meneror setelah 3 bulan atau 90 hari pasca nasabah gagal bayar. Jika lebih dari itu maka DC tidak akan menagih namun akan tercatat di SLIK OJK.

3. Foto rumah nasabah

Jika DC akan menagih dengan datang langsung maka akan memfoto rumah nasabah dari tampak depan dengan jelas. Jangan takut apabila foto dari sudut atas atau gambarnya tidak jelas.

Karena jika ini dilakukan hanya melalui Google Street View saja bukan berada di depan rumah nasabah. Ketika DC sudah memfoto rumah nasabah jangan malah melarikan diri karena belum dapat melakukan pembayaran.

BACA JUGA: 7 Pinjol Bunga Rendah Tanpa DC Lapangan Terbaru 2024

Namun jangan takut jika tidak bisa melakukan pembayaran akan dilakukan penyitaan. Apalagi jika pinjaman tersebut tanpa agunan atau tanpa jaminan, karena proses penagihan juga tidak mengancam nasabah.

4. Tidak mengirim pesan

DC saat akan melakukan penagihan tentu akan mengirim pesan yang menunjukkan foto rumah nasabah dari tampak depan dan jelas. Hanya sekedar itu saja tanpa adanya ancaman dalam bentuk apapun.

Namun jika DC melakukan ancaman akan mengajak RT/RW dalam melakukan penagihan dipastikan itu hanya gertakan. Karena utang adalah urusan keuangan individu sehingga nasabah tidak perlu risau.

DC mungkin akan membawa RT/RW atau petugas keamanan jika dibutuhkan. Hal ini tentunya dilakukan jika nasabah sangat temperamental dan agresif yang akan membahayakan DC saat melakukan penagihan.

Dengan ciri mengetahui DC lapangan datang ke rumah ini akan membuat Anda tidak panik ketika DC datang ke rumah untuk melakukan penagihan. Dan segera persiapkan uang untuk melakukan pelunasan. (*)

Kategori :