Aturan OJK Terkait DC Lapangan Pinjol yang Datang Setiap Hari, Apakah Boleh? Simak Penjelasannya

Minggu 18-02-2024,16:00 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - DC lapangan pinjol apakah boleh menagih ke rumah setiap hari? Mari simak artikel ini sampai tuntas supaya Anda tahu peraturan penagihan yang diperbolehkan oleh debt collector.

Keberadaan DC lapangan pinjol yang datang ke rumah, seringkali menjadi momok sebagian nasabah yang memiliki hutang. Debt collector penagih hutang bekerja untuk perusahaan penyedia pinjaman online untuk menagih pembayaran menunggak.

Biasanya DC lapangan pinjol akan datang menagih ke rumah jika nasabah sudah galbay dalam waktu lama. Selain itu, pihak debt collector terkadang melakukan praktik penagihan yang menganggu nasabah.

Lalu, apakah boleh DC lapangan pinjol datang setiap hari ke rumah? Berikut informasi lengkap seputar praktik penagihan yang diperbolehkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:8 Pinjol Legal yang Tidak Ada DC Lapangan, Penagihan hanya Lewat Telepon atau Pesan

DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah Setiap Hari Apakah Boleh?

Otoritas Jasa keungan (OJK) sudah mengatur praktik penagihan hutang yang diperbolehkan. Tindakan tersebut supaya debt collector tidak seenaknya dalam menagih hutang.

DC lapangan pinjol memang diperbolehkan untuk mendatangi rumah nasabah untuk menagih hutang. Tetapi, debt collector harus mematuhi peraturan yang berlaku dan etika penagihan dengan baik.

Perlu diketahui, tidak ada peraturan yang secara khusus membahas tentang kunjungan DC lapangan ke rumah nasabah. Namun, penagih hutang profesional akan berusaha untuk menjaga batasan penagihan yang masuk akal.

Karena itu, DC lapangan pinjol tidak diperkenankan menganggu nasabah setiap hari di waktu yang tidak sesuai. Penagihan yang dianggap tidak wajar yakni pada larut malam atau hari libur.

BACA JUGA:Ini Bahaya Pinjol Tanpa KTP yang Dirahasiakan Penyedia Pinjaman Ilegal, Pahami Sebelum Mengajukan

Sebagai nasabah, Anda perlu tahu hak-hak yang dilindungi oleh undang-undang. Termasuk hak untuk tidak mendapatkan perlakuan yang tidak wajar atau mengganggu dari penagih utang.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh nasabah jika mengalami kunjungan DC lapangan setiap hari:

1. Komunikasikan dengan DC Lapangan Secara Baik

Langkah yang pertama jika debt collector (DC) datang ke rumah yakni lakukan komunikasi dengan baik. Anda dapat menyampaikan beberapa data utang dan buat perjanjian pembayaran supaya penagih tidak lagi datang ke rumah.

Kategori :