5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami Untuk Usia 40 Tahun Keatas

Senin 05-02-2024,22:45 WIB
Reporter : Rahma Nur Saputri
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG – Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada tubuh menjadi berkurang. Kamu butuh cara untuk mengencangkan kulit wajah secara alami khususnya untuk usia 40 tahun keatas.

Di usia ini, khususnya 40 tahun keatas, kulit wajah akan semakin kendur yang disertai dengan munculnya tanda penuaan berupa garis-garis halus. Ini bisa diatasi ketika kita tahu cara mengencangkan kulit wajah secara alami.  

Tanda penuaan wajah bisa muncul lebih cepat karena paparan sinar matahari serta tidak adanya perawatan pada wajah. Meski begitu, ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami usia 40 tahun ke atas agar kulit wajah terhindar dari penuaan.

Mengencangkan kulit wajah dengan alami untuk usia 40 tahun keatas menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Selain bahan dan cara yang digunakan alami hal tersebut juga minim efek samping yang berbahaya.

BACA JUGA:5 Bahan Alami untuk Cegah Penuaan Dini, Kulit Tampak Awet Muda

Beberapa cara mengencangkan kulit yang bisa anda coba dan terapkan.

1. Menggunakan Masker Berbahan Alami

Untuk mengurangi kerutan dan mengencangkan wajah, kamu bisa menggunakan masker yang berbahan alami untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa menggunakan alpukat, madu dan bahan alami lainnya untuk dijadikan masker.

Kombinasi alpukat dan madu akan merangsang produksi kolagen dan melembutkan kulit wajah. Kamu juga bisa menggunakan bahan lain untuk dijadikan masker tetntunya yang dapat memberikan kelembapan pada kulit.

2. Memijat Wajah dengan Teratur

Memijat wajah juga dapat menjadi salah satu cara mengencangkan kulit wajah secara alami untuk usia 40 tahun keatas. Kamu bisa melakukan cara ini dengan menggunakan serum atau minyak khusus untuk wajah dengan melakukan gerakan memutar atau dari bawah ke atas.

Memijat wajah selama 5-10 menit akan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah menjadi lancar. Sehingga kulit menjadi lebih kencang dan dapat mengurangi keriput serta garis halus.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Mengencangkan kulit wajah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi kolagen.

Makanan yang mengandung kolagen antara lain seperti ikan, bayam, brokoli, tomat dan stroberi. Jenis makanan tersebut dapat mengencangkan kulit serta mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Salah satu cara untuk mencegah penuaan pada kulit wajah yaitu dengan cara perbanyak minum air putih. Kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian minimal 8 gelas per hari.

Minum air putih yang cukup akan meningkatkan kelembapan kulit sehingga dapat mengencangkan kulit wajah. Akibatnya kamu akan terhindar dari penuaan yang dapat menyerang kulit wajah kamu.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Munculnya tanda penuaan juga dapat dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup tidak sehat bisa berupa makan makanan yang tidak sehat, merokok, memiliki tidur yang kurang dan lainnya.

Kamu bisa mengubah pola hidup sehat dengan membersihkan makeup sebelum tidur, menggunakan pelembab secukupnya. Selain itu, kamu juga bisa menjaga tidur yang cukup serta menghentikan kebiasaan merokok yang dapat menganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen pada tubuh.

Itulah 5 cara mengencangkan kulit wajah secara alami untuk usia 40 tahun keatas yang bisa kamu coba dan terapkan dirumah.

Cara diatas meskipun mudah untuk dilakukan namun dapat menghasilkan hasil yang berbeda pada setiap orang. Hal ini terjadi karena setiap orang pasti memiliki struktur jaringan wajah termasuk tulang, otot yang berbeda-beda.

BACA JUGA:6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Anda Hindari, Salah Satunya Sering Makan Junk Food

Secara hasil pun tidak serta merta diperoleh secara instan, kamu harus sabar, rutin dan konsisten dalam menerapkannya. Kamu pun bisa berkonsultasi dengan dokter jika masalah kulit kamu semakin memburuk dan disertai keluhan lain. (*)

Kategori :