Bupati Pemalang Mansur Hidayat Tegaskan Jika ASN Harus Menjaga Netralitas

Jumat 02-02-2024,07:45 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar sosialisasi Pemilu serentak tahun 2024 di pendapa kabupaten,  kemarin. Sosialisasi  dengan tema ‘Pemilu Serentak Tahun 2024 Ajang Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan dari Kebhinekaan Bangsa Indonesia’ dibuka oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat.

Bupati Pemalang Mansur dalam sambutannya sangat bersyukur karena dalam kondisi daerahnya di masa Pemilu tahun 2024 hingga sekarang masih dalam kondisi aman dan damai. 

"Kondisi yang aman dan damai seperti diharapkan akan tercipta sampai pelaksanaan pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 hingga proses penghitungan dan selanjutnya,"katanya.

BACA JUGA:Bantuan Beras Diharapkan Turunkan Harga di Pasaran Kabupaten Pemalang

Menurutnya, persiapan Pemilu yang sudah dilaksanakan ini juga diharapkan akan dapat memperlancar pelaksanaan. Kelancaran ini berkat kesiapan semuanya, baik itu KPU, Bawaslu dan pihak-pihak lainnya yang terlibat. Termasuk petugas keamanannya yang selama ini ikut menjadi keamanan Pemilu tahun 2024.

Khususnya bagi Aparat Sipil Negara (ASN) oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat diminta untuk selalu menjaga netralitas. Menurutnya, netralitas yang harus dijaga pada ASN itu untuk tidak memihak pada salah satu partai tertentu dan pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

BACA JUGA:Minim Perhatian, Pegawai Kebersihan dan Persampahan Kabupaten Pemalang Mengeluh

"Silahkan ASN untuk menentukan pilihannya untuk memilih sesuai hati nuraninya. Karena ASN itu juga mempunyai hak pilih. ASN juga tidak boleh untuk menggerak-gerakan,"ujarnya.

Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini untuk memberikan sosialisasi. Tentang kesiapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. 

BACA JUGA:Wakil Wali Kota Tegal Jumadi Lantik Pramuka Garuda SD Ihsaniyah Gajah Mada

Yaitu dari aspek penyelenggaraan, pengawasan hukum dan pengamanan di wilayah Kabupaten Pemalang. Adapun tujuannya untuk menjamin terwujudnya stabilitas politik, hukum dan keamanan selama berlangsungnya selama tahapan Pemilu tahun 2024. 

Narasumber dalam sosialisasi ini, masing-masing dari Polres Pemalang, Kodim 0711 Pemalang, Kejaksaan Negeri Pemalang, KPU dan Bawaslu Kabupaten Pemalang. 

Kategori :