Ingin Ambil Kredit Motor? Lakukan 7 Tips Jitu Ini yang Tepat dan Aman Agar Mudah Disetujui

Senin 29-01-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Ada banyak alasan mengapa orang membeli motor secara kredit. Seperti budget terbatas, dana kurang, atau dana cukup tetapi banyak kebutuhan. Apa pun alasannya, penting untuk menimbang dan memperhatikan tips kredit motor yang aman.

Saat ini, kendaraan bermotor menjadi kebutuhan primer berkat fungsinya untuk mengantarkan seseorang dari satu tempat ke tempat lain.

Meski bisa menggunakan transportasi umum, nyatanya tidak semua tempat dapat dicapai menggunakan transportasi umum. Karena itu, kepemilikan motor wajib untuk seseorang demi menunjang mobilitas kerja.

Namun, ketika kalian memilih kredit motor. Kalian juga harus memperhatikan beberapa hal. Di antaranya, finansial, biaya lain, keuntungan, kerugian, dan lain-lain.

Tips Memilih Kredit Motor yang Aman

1. Lakukan Survei dan Buat Perbandingan

Lakukan penelitian dan buatlah perbandingan dari masing-masing dealer. Setiap dealer memiliki harga yang berbeda. Kunjungi beberapa dealer dan buat perbandingan. Hal ini agar kalian mendapatkan harga terbaik dan menguntungkan.

BACA JUGA:Inilah Syarat Mudah Kredit Motor di Bank Jateng dengan DP 0%, Cek Keunggulannya yang Harus Kamu Tahu

2. Sesuaikan Kebutuhan

Kalian harus tahu kebutuhan akan kegunaan motor tersebut. Jangan hanya karena ingin dan gengsi lalu kalian melupakan fungsi pokok dari pembelian kendaraan tersebut.

Pilihlah jenis dan tipe motor yang kalian butuhkan. Apalagi saat kalian sudah berkeluarga, penting untuk pilih jenis dan tipe motor yang bisa digunakan oleh anggota keluarga lain sehingga keberadaan motor tersebut maksimal kebermanfaatannya.

3. Memilih Penawaran Terbaik dan Pertimbangkan Berbagai Kebutuhan Biaya Lain

Ketika menetapkan sebuah perusahaan pembiayaan, kalian perlu memikirkan dengan matang penawaran yang mereka berikan.

Di sisi lain, kalian juga perlu memperhatikan suku bunga kredit. Karena nantinya, suku bunga ini akan menambah beban biaya cicilan per bulan yang harus kalian bayarkan.

Apalagi dengan adanya biaya lain, misal biaya denda terlambat bayar, biaya penalti atau biaya kebutuhan lain seperti bayar kredit rumah atau biaya tagihan lain. Maka kalian benar-benar harus menyeleksi setiap penawaran kredit dengan teliti.

Kategori :