7 Cara Menghilangkan Stetch Mark

Kamis 18-01-2024,20:00 WIB
Reporter : Umi Umairoh
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG -  Kemumculan stretch Mark, biasanya karena elasitas kulit kurang. Maka, ketika kulit mengalami peregangan yang signifikan kulit tidak bisa mengimbangi.

Stretch Mark tidak berbahaya, namun akan menggangu penampilan dan mungurangi kepercayaan diri. Sehingga banyak yang mencari cara untuk menghilangkannya.

 

Stretch mark biasanya dialami ibu pasca melahirkan dan yang menjalani diet ketat. stretch Mark biasanya muncul di area perut, pinggang, paha, payudarah dan bokong.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Tidak Harus Mahal! 5 Cara Sederhana ini Ampuh Menghilangkan Ketiak Gelap

1. Laser

Laser ini merupakan perawatan yang paling cepat untuk menghilangkan stretch mark. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal perlu dilakukan beberapa kali.

Perawatan ini membutuhkan biaya yang cukup ekstra. Perawatan ini juga hanya bisa dilakukan oleh ahlinya dengan datang ke dokter kulit. 

2. Menggunakan Pelembab

Pelembab dapat di aplikasikan ke area stretch mark secara rutin hingga mendapatkan hasilnya. Pilih pelembab yang memiliki kandungan vitaminE yang mampu memperbaiki kondisi kulit.

Pelembab dapat digunakan setelah selesai mandi. Dengan pelembab ini akan membuat kulit lembab dan lebih elastis. 

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E yang mampu menutrisi kulit. Sehingga, kulit akan terasa lebih lembab dan memudarkan stretch mark.

Minyak zaitun merupakan bahan alami sehingga aman untuk ibu hamil atau menyusui. Lakukan secara runtin baik sebelum melahirkan hingga melahirkan.

4. Eksfoliasi dengan Gula

Eksfoliasi pada area stretch mark dapat dilakukan dengan menggunakan scrub dari gula. Eksfoliasi ini membnatu mengangkat sel kulit mati sehingga dapat meratakan warna kulit.

Scrub ini dpat dibuat dengan mencapurkan gula dengan madu atau minyak zaitun. Kemudian, oleskan pada area stretch mark dengan cara memijat dan menggosok secara lembut. Dalam seminggu dapat dilakukan 2-3 kali, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak serta antiinflamasi yang mudah menyerap kulit. Kandungan ini membantu produksi kolagen sehingga stretch mark bisa tersamarkan.

 

Minyak kelapa dapat dioleskan pada malam hari sebelum tidur. Perawatan ini perlu kesabaran sehingga harus konsisten dan rutin.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki beberapa manfaat salah satunya melembabkan kulit. Kulit yang lembab ini akan membuat lebih kenyal dan elastis.

Pengaplikasiannya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit bermasalah, setalah itu diamkan selama 15-20 menit dan dibilas.  

7. Vitamin A

Vitamin A atau turunannaya  disebut retinoid membuat kulit halus dan meratakan warna kulit. Kalian dapat memilih produk serum atau lotion yang mengandung retinoid.

Caranya cukup dioleskan di area yang bermasalah, untuk pemula gunakan seminggu sekali. Ketika kulit sudah bisa menerima bisa digunakan 3-2 kali seminggu.

Ibu hamil atau menyusui baiknya jangan gunakan produk ini, dikahawtirkan akan mengganggu perkembangan bayi.

Itulah bebrapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark. Perlu diketahui stretch mark tidak bisa hilang secara utuh seperti kondisi kulit sebelumnya.

Namun, perawatan laser bisa dijadikan alternatif karena paling berpengaruh dalam memudarkan stretch mark.

Bahan alami yang digunakan untuk memudarkan stretch mark  membutuhkan waktu yang lama. Kesabaran dan konsisten modal utama dalam perawatan ini, agar mendapatkan hasilnya.

Stretch mark bisa terjadi pada siapa saja baik remaja atau dewasa. Dikarenakan, Penurunan berat badan dan kenaikan berat badan secara deratis juga menimbulkan stretch mark. Selamat mencoba! (*)

 

 

 

Kategori :