IBN Tegal Serahkan Dana Hibah Rp9 Juta

Selasa 02-01-2024,09:30 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Lembaga Penelitian, Penerbitan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal, menyerahkan dana hibah penulisan buku ajar tahun 2024 sebesar Rp9 juta.

Dana hibah diserahkan oleh Ketua LP3M IBN Tegal H Itmam Aulia Rakhman kepada H Moh Sobirin selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan H Sururi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), didampingi Mohammad Koidin, Dekan Fakultas Syariah dan Ushuluddin (FSU).

BACA JUGA:Petani di Lereng Gunung Slamet Mulai Petik Kopi Arabika

Itmam Aulia mengatakan bahwa pengelolaan dana hibah penulisan buku ajar ini diserahkan kepada masing-masing fakultas yang dalam waktu dekat akan melaksanakan akreditasi.

Untuk anggaran tahun 2023-2024, hibah penulisan buku ajar diserahkan kepada FITK dan FEBI.

"Dana hibah dikelola oleh Fakultas secara maksimal, dan outcome adalah buku ajar ber-ISBN dan didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual agar memiliki e-hak cipta," ujarnya.

BACA JUGA:Setahun 774 Kasus Demam Berdarah, 7 Meninggal di Kabupaten Brebes

Rektor IBN Tegal Dr Saepudin MA berharap dana hibah ini dapat memotivasi dosen-dosen untuk ikut aktif dalam membuat modul-modul. Serta buku-buku tentang pembelajaran, khususnya terkait dengan mata kuliah yang diajarkan.

Dengan menggunakan buku dari dosen terkait, rektor menghendaki mahasiswa dapat secara mudah menggunakannya, baik sebagai acuan atau referensi tugas akhir maupun untuk mendukung kegiatan belajar.

BACA JUGA:Target Pajak Daerah Naik Signifikan, PBB-BPHTB Jadi Andalan Kabupaten Brebes

“Kalau buku referensi dikaitkan dengan banyak referensi, sementara untuk buku ajar cukup dengan beberapa referensi. Cenderung prosedural dan bersifat praktis agar mahasiswa mudah dalam mempelajari dan memahaminya,” tukasnya. 

Kategori :