DISWAY JATENG - Bank digital wajib memberikan upaya kontributif terhadap pengembangan ekosistem keuangan digital dan inklusif keuangan. Karena itu, OJK juga mengeluarkan persyaratan tentang tata kelola terkait pemenuhan direksi yang mempunyai kompetensi di bidang teknologi informasi dan kompetensi lain sesuai dengan ketentuan OJK mengenai penilaian kemampuan dan kepatutan bagi pihak utama lembaga jasa keuangan.
Kelebihan Bank Digital
Sebagai bentuk inovasi teknologi, bank tersebut menawarkan ragam keuntungan yang bisa dinikmati oleh nasabah. Berikut ulasan lengkapnya.
1. Kemudahan dan Kecepatan Transaksi
Salah satu keuntungan atau manfaat utama dari penggunaan bank digital adalah kemudahan transaksi yang dapat dilakukan oleh nasabah. Nasabah dapat melakukan transaksi finansial hanya dengan berhadapan dengan layar device dan jaringan internet saja.
2. Tingkat Keamanan Semakin Berkembang
BACA JUGA:5 Rekomendasi Aplikasi Bank Digital Terbaik di Indonesia, Kemudahan Keuangan dalam Genggaman!
Risiko yang mungkin paling ditakuti oleh nasabah bank adalah adanya risiko pembobolan rekening oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dewasa ini, tingkat keamanan dari produk bank digital sudah semakin meningkat. Nasabah seringkali tidak hanya perlu untuk memasukkan nomor Personal Identification Number (PIN) saja. Nasabah mungkin perlu untuk memasukkan informasi sidik jari maupun kode One Time Password (OTP) ketika melakukan proses login atau transaksi digital. Dengan begitu, keamanan transaksi finansial nasabah semakin terjamin.
3. Biaya Admin yang Terjangkau
Salah satu keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh layanan digital banking adalah terjangkaunya biaya administrasi yang ditawarkan. Jika kalian biasa melakukan transfer antar bank atau pembayaran tagihan melalui mesin ATM, kalian akan mendapatkan biaya administrasi yang dibebankan pada dana yang ada di dalam rekening. Namun, jika kalian melakukan aktivitas perbankan tersebut melalui bank digital, biasanya ada promo maupun layanan bebas biaya admin. Keuntungan ini tentunya cukup menjadi solusi yang baik bagi kalian yang ingin melakukan penghematan pengeluaran dari sumber dana yang ada di dalam rekening.
4. Layanan 24 Jam
Dengan beroperasi melalui metode daring, tentu layanan digital banking harus bisa dimanfaatkan oleh para pengguna atau nasabah kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena itu, demi memenuhi kebutuhan nasabah, bank digital menawarkan layanan perbankan yang bisa diakses secara 24 jam. Sebagai nasabah bank digital, kalian bisa melakukan transfer, pembayaran, pembukaan rekening, hingga layanan customer service selama 24 jam penuh. Jadi kalian tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk bisa menyelesaikan kebutuhan perbankan milikmu. Layanan digital banking biasanya hadir dalam bentuk aplikasi yang ada di dalam smartphone kalian masing-masing.
5. Layanan Keuangan Inklusif
Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh OJK, bank tersebut wajib untuk memberikan layanan keuangan yang inklusif. Layanan keuangan inklusif berarti pihak bank digital wajib untuk memberikan layanan untuk dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Dengan kata lain, bank digital bisa tetap memberikan layanan perbankan yang optimal meskipun ada nasabah yang berada di kawasan pemukiman desa sekalipun. Layanan keuangan yang inklusif ini berhasil dilakukan berkat layanan internet. Jadi, selama memiliki smartphone dengan koneksi internet yang stabil, kalian bisa memaksimalkan layanan digital banking untuk memenuhi segala bentuk aktivitas perbankan yang dibutuhkan.
6. Efisiensi Waktu